Ilustrasi penderita sariawan (Pictagram)
Health

Benarkah Stres Picu Sariawan?

Chelin Indra Sushmita
Senin, 24 Desember 2018 - 03:18
Bagikan

Bisnis.com, SOLO – Stres merupakan salah satu gangguan mental yang dialami banyak orang. Saat sedang stres, daya tahan tubuh bakal melemah sehingga mudah terserang penyakit. Salah satu tanda seseorang sedang stres adalah munculnya sariawan.

Tanpa disadari, stres memicu sariawan di mulut. Mengapa demikian? Dikutip dari Telegraph, Minggu (23/12/2018), saat sedang stres, seseorang biasanya makan sembarangan.

Makan memang biasa dijadikan pelarian saat seseorang sedang stres. Segala jenis makanan bakal dilahap tanpa memikirkan risiko yang ditimbulkan.

Akibatnya, bisa saja makanan yang dikonsumsi justru memicu timbulnya penyakit, salah satunya sariawan. Makan makanan panas dan pedas yang biasa dilakukan untuk menghilangkan stres justru memicu timbulnya sariawan.

Jika tidak segera diatasi, sariawan bakal semakin parah dan membuat seseorang tersiksa. Lalu, bagaimana cara tepat menangani sariawan?

Mudah saja, Anda bisa mengobati sariawan dengan berkumur menggunakan cairan antiseptik khusus. Cairan obat kumur tersebut mampu membunuh bakteri yang memperparah peradangan.

Selain itu, pastikan tubuh terhidrasi agar sariawan cepat sembuh. Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi vitamin C. Perhatikan pula kebersihan mulut dengan rajin menggosok gigi dan berkumur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro