Buah pisang/Istimewa
Health

Ini Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Diare

Tika Anggreni Purba
Selasa, 1 Januari 2019 - 12:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Saat diare, pencernaan biasanya menjadi sensitif terhadap makanan. Karena itu, untuk menjaga sistem pencernaan bisa pulih dengan sempurna, kita harus memperhatikan makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat diare.

Jenis makanan yang aman dikonsumsi ketika kita diare, dilansir dari healthline.com adalah pisang, nasi, apel, dan roti. Jenis makanan ini aman dan dapat dikonsumsi karena rasanya yang tawar tidak akan merangsang sistem pencernaan. Selain itu Anda juga boleh mengonsumsi sereal atau bahan makanan yang rasa dan aromanya tidak terlalu kuat.

Selama diare, Anda sebaiknya minum banyak air sehingga Anda tetap terhidrasi dengan baik. Apalagi ketika diare, Anda pasti kehilangan banyak cairan.

Anda bisa minum air putih atau air kelapa yang mengandung vitamin. Tetapi sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung gula.

Selama diare, hindari makanan-makanan yang dapat memperparah kondisi Anda. Makanan-makanan tersebut adalah produk olahan susu, makanan yang digoreng, makanan pedas, makanan olahan, daging-dagingan, sayur mentah, bawang, jagung, buah yang asam, alkohol, kopi, dan soda.

Untuk mengatasi diare biasanya dibutuhkan penanganan sederhana misalnya banyak minum air dan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa orang membaik dengan mengonsumsi obat diare.

Pada beberapa kasus, diare dapat disebabkan oleh infeksi parasit atau bakteri, sehingga harus ditangani dengan antibiotik. Dalam hal ini harus dikonsultasikan dengan dokter. Apabila diare semakin parah, Anda sebaiknya segera ke rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro