Berlibur dengan Menonton Sirkus

Liburan sekolah saatnya mengajak anak-anak berwisata. Bisa ke pantai, puncak atau lokasi wisata lainnya.
Mia Chitra Dinisari | 03 Januari 2019 13:14 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Liburan sekolah saatnya mengajak anak-anak berwisata. Bisa ke pantai, puncak atau lokasi wisata lainnya.

Bagi Anda yang tidak mengajak liburan anak-anak ke luar Jakarta, jangan khawatir. Ada banyak kegiatan yang juga bisa dilakukan di pusat kota.

Salah satunya adalah menonton sirkus. Ya, di Gelora Bung Karno Senayan, saat ini tengah digelar sirkus The 50 Great Show. Sirkus modern ini dilangsungkan mulai dari 14 Desember 2018 hingga 27 Januari 2019 mendatang.

Siapa yang tidak suka dengan sirkus, karena hampir semua orang dari kalangan manapun menyukainya. Tapi, berbeda dari sirkus biasanya, The Great 50 Show tidak menjadikan hewan sebagai pelaku sirkusnya.

Yang ditampilkan kebanyakan akrobatik dari para pemain sirkus handal dan ahli. Mereka tampil dengan sentuhan gaya teatrikal yang menambah kekuatan pertunjukan. Misalnya saat akrobat bersepeda, diawali dengan drama dua orang perempuan menjemur pakaian sebelum berakrobat.

Ada juga permainan laser yang menyerupai hewan yang biasanya tampil dalam sebuah pertunjukan sirkus. Para pemain 50 greatshow berjumlah sekitar 35 orang yang berasal dari China dan Indonesia.

Pertunjukan The Great 50 Show merupakan sebuah perayaan perjalanan Oriental Circus Indonesia di dunia hiburan, setelah berkeliling selama setengah abad ke kota-kota kecil hingga kota-kota besar di Indonesia dari Sabang hingga Maluku, dengan beragam atraksi di antaranya akrobatik, badut, dan aksi cerdas para binatang terlatih. Hampir 40.000 pertunjukkan digelar dan lebih dari 17 juta penonton telah dihibur oleh Oriental Circus Indonesia yang pertama kali menyuguhkan pertunjukan besar tahun 1967.

Managing Director Ananta Harsa Group (AHG), sebagai penyelenggara The Great 50 Show mengungkapkan ada beberapa perubahan dalam pertunjukan tahun ini. Misalnya saja dihilangkannya penggunaan satwa.

“Dulu show masih yang sama seperti yang dibuat tahun 60-70an. Dulu tidak ada cerita dan akrobat, tapi ada satwa. Kalau sekarang ada nyanyi, live band, multimedia, dan tidak ada satwa,” kata Hans.

Dia menjelaskan, tidak digunakannya lagi hewan-hewan untuk bermain sirkus membuat penonton lebih dapat merasakan ketegangan sekaligus terhibur karena jarak antara kursi dengan panggung yang lebih dekat.
 
“Ini pertama kali tidak menggunakan satwa, agar pemain dapat berinteraksi lebih dekat dengan penonton. Kalau ada satwa harus ada jarak khusus,” imbuh Hans.
 
Tidak hanya itu, penggunaan konsep baru seperti live band juga diharapkan dapat membawa dinamika yang lebih kuat kepada penonton dari para pemain yang tampil. “Musik dari band pengiring, dapat membuat penonton lebih bersemangat,” kata Hans.
 
“The Great 50 Show diangkat dari kisah nyata, dengan balutan pertunjukan yang memanjakan mata untuk semua usia, terutama anak-anak dan keluarga.” ujar produser The Great 50 Show, Thibault Paquin.

Sebuah cerita sederhana penuh makna tentang perjalanan hidup sang pendiri menjadi tema yang diangkat dalam pertunjukan sirkus ini. Untuk benar-benar membawa suasana pertunjukan sirkus di tengah ibu kota, Oriental Circus Indonesia menggunakan konsep tenda dengan warna-warni khas sirkus. Pengunjung anak bahkan dapat mencoba beberapa permainan ala sirkus seperti acrobating studio serta mini trampoline di area sebelum menyaksikan pertunjukan.

Harga tiketnya sendiri bervariasi sesuai dengan tipe. Jika bronze seharga Rp150.000 untuk weekdays dan Rp200
000 untuk weekend, Silver Rp200.000 weekdays dan weekend Rp250.000. Sedangkan Gold Rp250.000 weekdays dan weekend Rp300.000, VIP 3 Rp350.000 weekdays dan weekend Rp400.000. Selanjutnya VIP 2 Rp400.000 weekedays dan weekend Rp450.000. Terakhir VIP 1 weekdays Rp450.000 dan weekend Rp500.000.

Tips nonton sirkus
1. Datanglah lebih awal yakni 30 menit sebelum pertunjukan dimulai
2. Pakailah kaos yang tipis dan tidak panas karena sirkus berada di dalam sebuah tenda di outdoor agar tetap nyaman dan tidak kepanasan
3. Makanlah sebelum acara dimulai karena masuk ke dalam area dilarang membawa makanan dan minuman
4. Jangan merekam sepanjang acara berlanjut, karena ada larangan merekam kegiatan selama acara berlangsung
5. Antrilah dengan tertib, agar proses masuk tidak 
6. Pilihlah kursi yang berhadapan langsung dengan pertunjukan agar menonton lebih puas.

Tag : sirkus
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top