Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Gangguan Kejiwaan

Orang dengan gangguan jiwa merupakan orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala atau perubahan perilaku.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 10 Januari 2019  |  17:34 WIB
Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Gangguan Kejiwaan
Depresi - cadasorg

Bisnis.com, JAKARTA—Orang dengan gangguan jiwa merupakan orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala atau perubahan perilaku.

Hal ini kemudian menyebabkan orang yang mengalaminya merasa menderita bahkan terhambat dalam melakukan akvititas dengan normal.

Beberapa gangguan jiwa yang sering terjadi pada masyarakat adalah depresi, kecemasan, skizofrenia, bipolar, gangguan kepribadian, gangguan makan, dan sebagainya.

Semua orang memiliki risiko untuk mengalami gangguan jiwa, dari semua usia dan latar belakang kehidupan. Faktornya biasanya disebabkan oleh genetik dan psikologis.

Persoalan ini dapat ditangani oleh profesional di bidangnya, sekaligus juga dapat didukung oleh penderita gangguan jiwa itu sendiri. Bagaimana agar orang dengan gangguan jiwa dapat hidup lebih sehat dalam menghadapi gangguan kejiwaan? Berikut ini modifikasi gaya hidup pada orang dengan gangguan jiwa.

1.Berbicara tentang apa yang dirasakan

Membicarakan apa yang dirasakan dan dialami bukanlah upaya untuk menunjukkan kelemahan atau mengasihani diri sendiri. Hal ini lebih kepada usaha untuk mengatasi stresor yang sedang kita hadapi. Ketika orang lain mendengarkan Anda, perasaan akan terasa lebih lega.

2.Tetap Aktif

Olahraga yang teratur akan membuat tubuh lebih sehat, kepercayaan diri meningkat, dan tidur lebih nyaman. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit dalam sehari.

3. Pola makan yang baik

Aturlah pola makan yang baik untuk kesehatan mental. Aturan makan yang baik adalah dengan konsumsi gizi sehat dan seimbang, perbanyak asupan buah dan sayur, minum air putih yang cukup, dan penuhi nutrisi yang diperlukan tubuh.

4. Hindari konsumsi rokok dan narkoba

Efek negatif rokok dan narkoba terhadap kesehatan jiwa telah terbukti dalam berbagai penelitian. Bahkan keduanya merupakan faktor risiko gangguan jiwa seperti adiksi.

5. Miliki hubungan yang positif

Kelilingi diri Anda dengan lingkungan keluarga dan teman yang penuh dengan kehangatan. Orang-orang terdekat yang mendukung dalam masalah sulit akan membantu Anda untuk menghadapi masalah kejiwaan yang sedang terjadi.

6. Minta pertolongan

Jangan ragu untuk mendatangi profesional kesehatan jiwa seperti psikiater, psikolog, konselor, atau dokter umum yang terlatih.

7. Ambil waktu senggang

Tubuh dan pikiran yang penat perlu disegarkan melalui kegiatan yang menyegarkan di waktu senggang. Ambil waktu untuk sekadar duduk santai sambil minum teh hangat, mendengar musik, dan melakukan relaksasi akan membuat hidup lebih seimbang.

8. Melakukan hobi

Hobi yang disenangi akan mendorong kesehatan mental menjadi lebih baik. Lakukan hal-hal yang menyenangkan bagi Anda seperti menonton film, bermain musik, berkebun, menyanyi, memasak, dan lain-lain.

9. Terima diri sendiri apa adanya

Setiap manusia adalah ciptaan yang unik dan berharga. Untuk hidup yang lebih baik dan bahagia, kita harus belajar menerima diri sendiri apa adanya. Dengan begitu, kita dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dengan lebih maksimal.

10.   Peduli terhadap orang lain

Kegiatan sosial yang mengaktifkan kasih dan kepedulian kepada orang lain dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Biasanya seseorang akan merasa lebih berharga ketika melakukan sesuatu yang bermakna bagi orang lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gangguan jiwa

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top