Keajaiban Dongeng Sebelum Tidur pada Kepribadian Anak

Tahukah Anda bahwa 5 menit sebelum anak tidur adalah saat yang tepat untuk menyampaikan pesan apa pun?
Reni Lestari | 18 Januari 2019 03:00 WIB
Ilustrasi anak tidur - Reuters/Jorge Silva

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda bahwa 5 menit sebelum anak tidur adalah saat yang tepat untuk menyampaikan pesan apa pun?.Menurut berbagai studi mendekati saat dimana mata terlelap, otak memancarkan gelombang tertentu yang menimbulkan rasa nyaman sehingga pesan apa pun akan diterima dengan baik oleh alam bawah sadar.

"Itulah sebabnya semua dongeng-dongeng kepada anak, cerita-cerita sebelum tidur pasti menceritakan kebaikan, kebenaran, dan norma-norma yang baik, tujuannya agar yang tertanam adalah kebaikan," kata Hilbram Dunar, public figur yang juga penyiar radio.

Sayangnya, banyak orang tua yang tidak menyadari "keajaiban" saat-saat sebelum tidur ini. Sehingga sering kali yang terjadi ketika anak tak kunjung tidur saat malam sudah larut adalah orang tua marah dan mengomel. Akhirnya, umpatan-umpatan yang keluar dari mulut orang tua, disimpan oleh anak di alam bawah sadarnya dan celakanya membentuk kepribadian anak sesuai dengan umpatan tersebut.

"Sehingga yang tertempel di kepala anak adalah hal-hal negatif tersebut for the rest of their life," ujar Hilbram.

Dia pun menggarisbawahi pentingnya orang tua bercerita nilai-nilai positif kepada anak sebelum terlelap di malam hari.Dari sisi teknik komunikasi, bercerita merupakan strategi yang tepat untuk membuat lawan bicara tertarik. Oleh karena itu, penting untuk menghadirkan cerita personal saat melakukan public speaking.

"Setiap orang yang mendengar cerita pasti ada dalam kondisi gelombang otak tersebut, secara tidak langsung membuat dia nyaman dan ingin tahu ceritanya seperti apa. Jadi ketika Anda bicara gunakan personal story," jelasnya.

Tag : anak-anak, Dongeng
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top