Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berapa Lama Pegawai Indonesia Bekerja Untuk Dapat Membeli iPhone X?

iPhone menjadi salah satu merek telepon genggam paling didambakan oleh setiap orang.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 23 Januari 2019  |  21:52 WIB
Suasana gerai Apple di Beijing,China saat pelanggan membeli iPhone XS Max dan XS Jumat (21/9/2018). - Reuters/Jason Lee
Suasana gerai Apple di Beijing,China saat pelanggan membeli iPhone XS Max dan XS Jumat (21/9/2018). - Reuters/Jason Lee

Bisnis.com, JAKARTA – iPhone menjadi salah satu merek telepon genggam paling didambakan oleh setiap orang. Tidak jarang seseorang pegawai biasa harus rela menyicil untuk tetap dapat memiliki perangkat asal Amerika Serikat itu.

Banyak orang yang setuju jika harga iPhone dengan model terbaru yang diluncurkan Apple pada 21 September 2018 yaitu seri X memiliki harga yang cukup mahal.

Di Indonesia iPhone XS 64GB dijual dengan harga Rp20.499.000, iPhone XS Max dengan kapasitas 64gb dijual dengan harga Rp22.499.000 dan iPhone XR 64gb dijual dengan harga Rp15.199.000 . Jika membandingkan jumlah UMP yang ada di Indonesia dan harga resmi sebuah Iphone berapa lamakah seseorang harus bekerja agar dapat membawa pulang iPhone?

Portal diskon online di Indonesia, CupoNation melakukan studi tentang perkiraan lama orang Indonesia perlu bekerja untuk dapat membeli iPhone terbaru. Studi ini dilakukan dengan membandingkan harga resmi dengan upah minimum provinsi di 33 Provinsi di Indonesia.

Apple sering kali menawarkan harga yang tinggi untuk setiap produknya. Bahkan di Indonesia jumlah gaji karyawan biasa dalam sebulan masih belum cukup untuk membeli iPhone dengan kapasitas terendah.

“Jika seseorang akan bekerja dan menggunakan 100 persen gajinya untuk membeli iPhone, maka rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 1400,6 jam agar dapat membeli sebuah iPhone XS 64gb dan apabila diasumsikan orang bekerja selama 8 jam dan lima hari kerja dalam seminggu, ini berarti ia harus bekerja selama 175,1 hari atau sekitar 8,8 bulan (20 hari kerja perbulan),” tulis laporan CupoNation yang diterima Bisnis, Rabu (23/1/2019).

Lain halnya dengan iPhone XS Max 64gb, dikarenakan harga yang sedikit lebih mahal maka rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 1537,2 jam atau sekitar 192,2 hari kerja atau sekitar dengan 9.6 bulan untuk dapat membawa pulang iPhone ini. Namun untuk membeli iPhone XR 64gb yang dibandrol dengan paling murah, hanya dibutuhkan 1038,5 jam atau 129,4 hari kerja atau sekitar 6,5 bulan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ump iphone
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top