Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selebriti Inggris Siap Buka-bukaan Soal Endorsement

Sejumlah selebriti Inggris dinyatakan siap terang-terangan mengungkapkan perihal imbalan yang diterima dari endorsement mereka untuk produk-produk online. Ellie Goulding, Rosie Huntington-Whiteley, dan Alexa Chung adalah beberapa di antara selebriti yang akan mengungkapkan hal tersebut, menurut Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris pada hari ini, Rabu (23/1/2019).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 23 Januari 2019  |  16:05 WIB
Ellie Goulding di ajang Grammy Awards 2016 - Reuters
Ellie Goulding di ajang Grammy Awards 2016 - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah selebriti Inggris dinyatakan siap terang-terangan mengungkapkan perihal imbalan yang diterima dari endorsement mereka untuk produk-produk online.

Ellie Goulding, Rosie Huntington-Whiteley, dan Alexa Chung adalah beberapa di antara selebriti yang akan mengungkapkan hal tersebut, menurut Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (Competition and Markets Authority/CMA) pada hari ini, Rabu (23/1/2019).

Mereka dikatakan setuju mengungkapkan kepada khalayak bahwa mereka memperoleh bayaran atau hadiah untuk setiap unggahan di media sosial terhadap produk-produk yang mereka dukung secara online.

Langkah ini dimulai pada Agustus 2018 ketika CMA menanyakan langsung ke sejumlah selebritas dan influencer media sosial perihal unggahan yang mereka lakukan berikut jenis perjanjian bisnis yang dibuat dengan merek-merek yang mereka endorse.

CMA juga telah mengirimkan sejumlah surat peringatan kepada selebriti lain dan meminta mereka untuk meninjau kembali praktik yang mereka lakukan.

“Tindakan tegas yang diambil oleh CMA telah membuat sejumlah bintang media sosial berjanji untuk lebih transparan ketika melakukan unggahan,” kata Chief Executive Officer CMA Andrea Coscelli dalam sebuah pernyataan.

“Langkah ini juga menyampaikan pesan yang jelas kepada semua influencer, merek, dan bisnis bahwa mereka harus terbuka dan jelas dengan para follower mereka,” lanjutnya, seperti dilansir dari Bloomberg.

Undang-undang perlindungan konsumen yang berlaku di negara tersebut mewajibkan para influencer untuk menginformasikan dengan jelas ketika mereka dibayar atau diberi imbalan untuk mempromosikan, mengulas, atau berbicara tentang suatu produk dalam media sosial.

Jika tidak, para follower bisa meyakini bahwa endorsement yang disampaikan oleh idola mereka merupakan pendapat pribadi dan akan memercayai produk yang direkomendasikannya, menurut CMA.

Di era melek teknologi ini, popularitas yang disandang selebriti memang dipandang efektif oleh para penjual untuk mempromosikan produk-produk mereka, salah satunya lewat endorsement di media sosial seperti Instagram.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

media sosial selebritis
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top