10 Langkah Perawatan Kulit Mulus ala Cewek Korea

Penasaran kenapa perempuan di Korea memiliki kulit mulus bak pualam? Ternyata rahasianya ada dalam perawatan kulit mereka.
Andhina Wulandari
Andhina Wulandari - Bisnis.com 25 Januari 2019  |  05:47 WIB
10 Langkah Perawatan Kulit Mulus ala Cewek Korea
Wanita Korea - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Penasaran kenapa perempuan di Korea memiliki kulit mulus bak pualam? Ternyata rahasianya ada dalam perawatan kulit mereka.

 Langkah perawatan kulit ala perempuan Korea ini pun sekarang telah diadaptasi oleh beberapa negara barat. Mau tau apa saja?

1. Bersihkan wajah dengan oil-based cleanser

Setelah seharian beraktivitas dan menggunakan makeup, maka Anda harus mulai langkah pembersihan. Tahap pertama dengan menggunakan pembersih wajah berbasis minyak. Jenis pembersih ini akan mengangkat semua kotoran di wajah sekaligus melunturkan makeup yang Anda pakai seharian.

2. Bersihkan wajah dengan water based cleanser

Selalu lakukan double cleansing atau bersihkan wajah dengan dua tahap saat malam hari. Pembersihan tahap kedua adalah dengan menggunakan pembersih wajah berbasis air atau biasa dikenal dengan sabun pembersih wajah. Pilih pembersih yang ringan dan tidak membuat kulit terasa kering. Jika kulit wajah terasa seperti ditarik dan kencang setelah menggunakan sabun, artinya justru sabun tersebut tidak baik untuk wajah Anda. Sebaliknya, jika kulit wajah terasa segar, halus, dan bersih, artinya sabun tersebut cocok untuk Anda.

3. Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Ada dua tipe eksfoliasi yang bisa Anda lakukan, menggunakan scrub atau menggunakan cairan acid. Penggunaan cairan acid ini pun harus disesuaikan dengan jenis kulit dan sebaiknya gunakan 2-3 hari sekali, jangan setiap hari.

4. Toner

Selanjutnya, adalah penggunaan toner untuk mengembalikan pH kulit wajah setelah proses pembersihan dan eksfoliasi. Toner juga berfungsi untuk mempersiapkan kulit untuk perawatan selanjutnya.

5. Essence

Essence merupakan salah satu rahasia perawatan kulit perempuan Korea, karena itu mereka selalu memasukkan essence ke dalam rutinitas harian. Essence bisa membantu regenerasi sel kulit sekaligus melembapkan dan memperbaiki tekstur kulit wajah.

6. Ampul

Ampul biasanya berisi perawatan dengan konsentrasi tinggi yang akan menghidrasi kulit.

7. Serum

Hampir mirip dengan ampul, serum juga berfungsi untuk merawat kulit sesuai dengan kebutuhan. Berikan serum di bagian yang ingin Anda perbaiki, misalnya di bagian pipi untuk menghilangkan flek-flek hitam atau di zona T wajah untuk mengatasi minyak berlebih.

8. Sheet mask

Ini juga merupakan salah satu rahasia perempuan Korea yang kerap menggunakan sheet mask untuk (masker wajah berbahan kain) untuk memaksimalkan nutrisi dari perawatan kulit wajah yang digunakan. Sheet mask ini biasanya digunakan seminggu sekali

9. Eye Cream

Jangan lupakan bagian mata Anda. Kerut-kerut di bagian mata, warna mata yang menggelap, dan kulit mata yang kering merupakan tanda-tanda penuaan. Jagalah area yang paling sensitif ini dengan menggunakan krim yang diformulasikan khusus untuk mata.

10. Pelembap

Terakhir, gunakan pelembap wajah untuk mengunci semua perawatan wajah yang Anda gunakan. Saat siang hari, Anda juga perlu melanjutkan perawatan kulit wajah dengan krim SPF untuk memproteksi kulit wajah Anda dari sinar UVA/UVB dari matahari. Selain mencegah kanker, krim SPF juga bisa menangkal penuaan dini.

 

Jika 10 langkah ini terlalu banyak, maka Anda bisa memangkasnya sesuai dengan kebutuhan. Namun tahap yang paling penting dalam setiap perawatan adalah proses pembersihan, eksfoliasi, toner, dan pelembap. Untuk serum dan sheet mask bisa Anda tambahkan sesekali tergantung kebutuhan. Sementara untuk perawatan di pagi hari, Anda tidak perlu melakukan double cleansing, tapi jangan lupakan krim SPF Anda. Selamat mencoba!

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kpop, tips cantik

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top