Atasan Tak Menyukai Anda? Lakukan Strategi Simpel Ini

Apakah Anda termasuk pekerja yang ingin disapa dengan ramah oleh bos atau atasan Anda setiap pagi?
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 05 Februari 2019  |  14:19 WIB
 Atasan Tak Menyukai Anda? Lakukan Strategi Simpel Ini
Ilustrasi - istock

Bisnis.com, JAKARTA—Apakah Anda termasuk pekerja yang ingin disapa dengan ramah oleh bos atau atasan Anda setiap pagi?

Apakah Anda berharap atasan Anda berbalik tersenyum ketika Anda tersenyum kepadanya? Apakah atasan Anda sering menolak ajakan Anda untuk makan siang bersama? Ya, adakalanya kita terjebak pada situasi canggung dengan atasan, sehingga kita menganggap dia tidak menyukai kita.

Dalam dunia kerja, alangkah baiknya jika kita disukai oleh atasan maupun rekan kerja. Faktanya, sebagian besar atasan memang membuat batasan untuk tidak terlalu dekat dengan anggota timnya dengan alasan bekerja profesional. Akan tetapi tetap saja, kita pasti ingin diperlakukan lebih hangat dan dihargai.

Berikut beberapa langkah sederhana yang mungkin bisa membuat atasan Anda menyadari kehadiran Anda secara positif:

1. Jangan tunggu atasan yang datang kepada Anda. Sebaliknya, datanglah kepada atasan Anda terlebih dahulu. Sapa dan tersenyumlah kepadanya sewajarnya setiap kali bertemu.

2. Jika Anda khawatir bahwa ada hal yang membuat atasan Anda tersinggung, tanyakanlah kepadanya secara langsung. Apakah Anda telah melakukan sesuatu yang membuatnya kesal sehingga dia tidak menyapa Anda. Jangan langsung menyerangnya dengan: “Bos, mengapa Anda tidak tersenyum ketika saya sapa tadi pagi?”

3.  Tanyakan atasan Anda apakah dia bersedia untuk mengobrol sejenak di kantor. Anda bisa mengobrol mengenai pekerjaan atau seputar karier jika dia bersedia.

4. Katakan pada bos bahwa Anda mengagugumi perjalanan kariernya. Tanyakan apakah dia bisa meluangkan waktu sebentar untuk mengobrol sehingga Anda bisa belajar darinya. Pastikan Anda memujinya dengan tulus.

5.  Apabila bagi Anda seorang atasan perlu mengetahui tentang diri anda secara personal, cobalah untuk memberi tahu beberapa informasi personal mengenai diri Anda. Akan tetapi, jangan berharap dia mengingat semua itu secara detail. Setelah itu, lanjutkan bekerja dengan bahagia.

Cobalah strategi di atas untuk meningkatkan hubungan yang hangat di tempat kerja. Akan tetapi, perlu diingat bahwa seorang atasan tetap bisa menjadi atasan yang baik sekalipun Anda tidak terhubung secara emosional. Tetaplah ramah kepada atasan Anda sekalipun dia mungkin tidak memperhatikan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Tips Karir

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top