Simak Tips Aman Menggunakan Instagram

Dalam memperingati Hari Internet Aman Sedunia dengan tema Bersama Membangun Internet Menjadi Lebih Baik, Instragram memberikan tips aman menggunakan media sosial tersebut kepada masyarakat.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 05 Februari 2019  |  19:35 WIB
Simak Tips Aman Menggunakan Instagram
Instagram. - venturebeat.com

Bisnis.com, JAKARTA — Instragram memberikan tips aman menggunakan media sosial tersebut kepada masyarakat sebagai bagian memperingati Hari Internet Aman Sedunia dengan tema “Bersama Membangun Internet Menjadi Lebih Baik”.

Instagram menyarankan apabila Anda melihat unggahan yang tidak layak, Anda dapat melaporkan hal tersebut. Instagram menyatakan, mereka memiliki tim yang bekerja sepanjang waktu untuk meninjau dan menghapus unggahan yang melanggar Pedoman Komunitas Instagram.

“Untuk melaporkan sebuah postingan, Anda dapat mengklik ikon “...” di pojok kanan atas postingan atau profil seseorang. Anda juga dapat melaporkan komentar yang tidak pantas dengan menggeser komentar tersebut ke arah kiri. Sedangkan untuk melaporkan konten negatif di Stories, Live dan IGTV, Anda hanya perlu mengklik ikon “...” di bagian bawah layar,” demikian siaran pers, Selasa (5/2/2019).

Bukan hanya melaporkan postingan, Instagram Anda menyampaikan, Anda dapat melaporkan pesan masuk yang dikirimkan seseorang melalui Direct. Anda cukup menekan dan menahan pesan tersebut selama beberapa detik dan pilih opsi “Laporkan”.

Setiap laporan di Instagram bersifat anonim, sehingga orang yang Anda laporkan tidak akan tahu bahwa Anda telah melaporkan postingan mereka.

“Tim kami akan segera meninjau setiap foto, video, komentar maupun pesan yang telah dilaporkan oleh pengguna Instagram. Jika konten yang dilaporkan terbukti melanggar Pedoman Komunitas Instagram, kami akan segera menghapusnya,” tulis pihak Instagram.

Perundungan atau cyber bullying juga menjadi masalah serius di dunia maya. Instagram menghimbau warganet untuk membantu melindungi pengguna lainnya dari hal tersebut. Instagram menyatakan, Anda dapat memblokir akun tersebut, sehingga mereka tidak dapat melihat profil Anda atau membuat komentar di postingan Anda.

“Saat Anda memblokir sebuah akun, mereka tidak akan mendapat notifikasi apapun dan Anda dapat berhenti memblokir mereka kapan saja,”

Anda juga dapat mengendalikan komentar di postingan Anda serta dapat mengatur agar orang lain tidak dapat meninggalkan komentar di postingan Anda. Selain itu, Instagram menyediakan filter yang dapat secara otomatis menyembunyikan komentar ofensif di postingan Anda.

Filter ini diaktifkan secara default untuk komunitas global Instragram dan dapat dinonaktifkan di bagian pusat Kontrol Komentar yang ada di dalam aplikasi Instagram. Anda juga dapat meningkatkan kemampuan filter ini dengan memanfaatkan filter manual yang memungkinkan Anda membuat daftar kata atau frasa ofensif versi Anda sendiri.

Terakhir, Anda bisa memilih siapa saja orang yang dapat berkomentar di postingan Anda atau bahkan memblokir komentar dari orang tertentu. Untuk mengakses fitur-fitur di atas, kunjungi Pengaturan dan pilih “Kontrol Komentar”.

Sementara itu, untuk urusan privasi, Instagram mengingatkan bahwa Anda memiliki kendali terhadap apa saja yang ingin Anda bagikan di Instagram. Anda dapat membuat akun Anda menjadi privat, sehingga Anda dapat mengatur siapa saja yang bisa mengikuti Anda di Instagram dan menghapus pengikut tertentu kapan saja.

Anda juga dapat menonaktifkan “Status Aktivitas” agar orang tidak dapat melihat bahwa Anda sedang online. Untuk mengaktifkan semua fitur tersebut, pilih “Privasi dan Keamanan” di bagian Pengaturan.

Jika ada sebuah foto atau video yang ingin Anda hilangkan dari Feed, Anda dapat menghapusnya dengan mengklik “Hapus” di bagian atas postingan, atau Anda dapat mengarsipkan postingan tersebut.

Sementara itu, jika Anda ingin membagikan Stories hanya kepada orang-orang tertentu, Anda memiliki pilihan untuk membuat daftar teman dekat di Stories dan membagikan postingan hanya dengan orang-orang yang telah Anda masukkan ke dalam daftar tersebut. Untuk membuat daftarnya, Anda harus mengunjungi profil Instagram Anda dan mengklik pilihan “Teman Dekat” di bagian menu.

Pertanyaan lain yang sering muncul mengenai penggunaan instragram adalah bagaimana cara memastikan agar akun Instagram Anda tetap aman? Jawabannya, hal itu dapat dapat diselesaikan dengan mudah agar anda terhindar dari peretasan. 

Pertama, buat kata sandi yang kuat. Setidaknya, gunakan kombinasi enam karakter yang terdiri dari angka, huruf, dan tanda baca (seperti ! dan &), serta hindari penggunaan kata sandi yang sama untuk semua layanan internet.

“Apabila Anda sudah memiliki kata sandi yang kuat, tingkatkan keamanan akun Anda dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti DUO Mobile atau Google Authenticator dalam melindungi akun Anda. Anda juga bisa menemukan cara mengatur autentikasi dua faktor di sini,” jelasnya.

Selain itu, media sosial seperti instagram juga dapat menghabiskan waktu Anda selama seharian. Perlu ada kontrol diri untuk bijak dalam pengaturan waktu bermedia sosial. Untuk memantau berapa banyak waktu yang Anda habiskan di Instagram, Instagram menyediakan sebuah dasbor aktivitas yang dapat diakses di bagian “Aktivitas Anda”.

Di bagian atas, Anda dapat melihat dasbor yang menunjukkan jumlah rata-rata waktu yang Anda habiskan di Instagram dalam sehari. Klik di bagian grafik harian untuk melihat total waktu yang telah Anda habiskan selama satu hari.

Di bagian bawah dasbor, Anda dapat mengaktifkan pengingat harian yang akan secara otomatis mengirimkan notifikasi saat Anda telah mencapai batas waktu tertentu dari waktu yang telah ditentukan dalam mengakses Instagram dalam satu hari.

Anda dapat mengubah atau menonaktifkan notifikasi tersebut kapan saja. Anda juga dapat mengklik “Pengaturan Notifikasi” untuk mengaktifkan “Senyapkan Notifikasi Otomatis” secara cepat.

Di sisi lain, jika Anda melihat postingan yang mengandung ancaman bunuh diri atau tindakan melukai diri sendiri di Instagram, Anda dapat melaporkan postingan tersebut sebagai postingan yang “melukai diri sendiri” secara anonim.

Setelah itu, jika orang tersebut membuka aplikasi Instagram, mereka akan melihat sebuat pesan yang dapat menghubungkan mereka ke beberapa sumber bantuan, seperti berbicara dengan teman, menghubungi layanan bantuan atau menemukan sumber bantuan lain.

Fitur dukungan ini juga akan muncul jika seseorang mencoba mencari konten yang bersifat melukai diri sendiri di Instagram. Pihak Instagram telah bekerja sama dengan lebih dari 40 organisasi layanan bantuan di seluruh dunia untuk membantu setiap pengguna Instagram dimanapun mereka berada.

Jika seorang teman atau anggota keluarga melaporkan postingan Instagram seseorang yang mereka kasihi, mereka juga akan menerima tips dan informasi untuk membantu teman atau anggota keluarganya tersebut. 

Mulai minggu ini, Instagram akan mengaktifkan layar sensitivitas untuk konten yang menunjukkan aksi melukai diri. Gambar tersebut  tidak akan langsung terlihat, sehingga akan mempersulit orang untuk menemukannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
media sosial

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top