Kembangkan Ekosistem Film Indonesia, Viu Kolaborasi dengan Bekraf

Layanan video OTT terkemuka, Viu, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengeksplorasi kolaborasi yang berfokus pada upaya untuk mendukung dan mengembangkan ekosistem film Indonesia melalui inisiatif yang disebut Filmpreneur.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  02:59 WIB
Kembangkan Ekosistem Film Indonesia, Viu Kolaborasi dengan Bekraf
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – Layanan video OTT terkemuka, Viu, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengeksplorasi kolaborasi yang berfokus pada upaya untuk mendukung dan mengembangkan ekosistem film Indonesia melalui inisiatif yang disebut Filmpreneur.

Kolaborasi ini akan diwujudkan melalui sinergi di beberapa program Viu, yang meliputi: Viu Pitching Forum (VPF), acara Viu tahunan di Indonesia, yang sekarang memasuki tahun ke-3, yang didedikasikan untuk memfasilitasi ide cerita dari para profesional perfilman Indonesia untuk diproduksi sebagai Viu Originals, yang kemudian akan dipamerkan di panggung global; Viu Shorts!, festival film pendek tahunan Viu yang merayakan semangat keberagaman Indonesia, yang difokuskan untuk mengarahkan minat dan bakat anak muda Indonesia ke arah bisnis perfilman sejak usia dini; dan, BEKRAF Akatara, sebuah kegiatan forum pembiayaan dan investasi untuk perfilman Indonesia berskala nasional.

 Nickhil Jakatdar, Founder and CEO of Vuclip, menyampaikan, "Viu memiliki visi untuk memberdayakan dan mengembangkan ekosistem dan industri film Indonesia, yang dalam jangka panjang akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. BEKRAF, dalam nada yang sama, memiliki visi untuk membangun ekosistem kreatif yang kuat. Berdasarkan visi bersama ini, Viu dan BEKRAF telah mebangun mitra dalam inisiatif strategis Filmpreneur,” ujarnya, seperti dikutip, Senin (25/02).

 Dengan VPF dan Viu Shorts!, Viu akan mendukung Akatara di Indonesia, dengan mensosialisasikan program Akatara dalam rangkaian kegiatan VPF, menghadirkan profesional perfilman internasional dari Viu ke Akatara untuk memberikan masterclasses  dengan topik "Memproduksi Konten Lokal dengan Daya Tarik Internasional", menyelenggarakan VPF di Akatara, serta penayangan dan forum dialog profesional Viu Originals di Akatara.

Kepala BEKRAF Triawan Munaf menyatakan melalui Akatara, pihaknya akan mendukung VPF dan Viu Shorts! dengan memberikan sosialisasi VPF dalam kegiatan Akatara, membawa mentor dari BEKRAF ke VPF dan Viu Shorts! untuk memberikan workshop dengan topik "Membuat Film dengan Nilai-Nilai Komersial," serta menyediakan pemutaran dan dialog film hasil dari Akatara di VPF dan Viu Shorts!.

"Dalam upaya mendorong pembentukan ekosistem film Indonesia, BEKRAF percaya bahwa kolaborasi dengan para pemimpin industri, seperti Viu, sangat penting. Program Viu sejalan dengan Akatara Bekraf. Melalui Viu Pitching Forum dan Viu Shorts, Viu telah menunjukkan komitmen yang sangat kuat untuk mengembangkan ekosistem kreatif Indonesia dan memungkinkan anak-anak bangsa siap tampil dan bersaing di panggung internasional melalui platform dan jangkauan global mereka. Dengan Visi sinergis untuk mengembangkan ekosistem film Indonesia, kami sangat senang dapat bermitra dengan Viu," ujarnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bekraf

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup