Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Health

Ini Langkah Sederhana Jaga Kesehatan Mental

Agne Yasa
Sabtu, 16 Maret 2019 - 22:21
Bagikan
 
 
Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan mental atau jiwa sangat penting dijaga agar seseorang bisa mengoptimalkan segala potensi yang dimiliknya. 
 
Menjaga kesehatan jiwa sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. 
 
Bahkan jika kesehatan mental atau psikis tidak dijaga dengan baik, maka dapat mempengaruhi kondisi fisiknya atau yang disebut piskosomatik.
 
Dilansir dari akun Twitter @KemenkesRI, psikosomatik adalah gangguan jiwa yang berhubungan dengan penyakit. Dalam kondisi ini, seseorang merasakan kondisi badannya sakit karena dipengaruhi kondisi psikisnya yang terganggu, seperti penyakit maag atau mengalami kekacauan asam lambung karena dipengarusi kecemasan yang dialami. 
 
Lantas, bagaimana sebaiknya menjaga kesehatan mental?
 
Dilansir dari situs depkes.go.id, dalam artikel berjudul Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Mental, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mendeteksi dan membantu menjaga kesehatan mental.
 
Mengenali diri sendiri
Setiap orang unik, sehingga mengenali kebiasaan sendiri saat merasa sehat, dapat membantu kita lebih cepat untuk mendeteksi gangguan mental dalam diri. 
 
Kita dapat mencatat berapa lama biasanya butuh tidur, tidak peduli apakah kita termasuk tipe manusia pagi atau doyan begadang; seberapa banyak energi yang kita butuhkan untuk masing-masing aktivitas, atau seberapa sering kita merasa lapar. 
 
Perubahan dramatis dalam kebiasaan-kebiasaan ini dapat menunjukkan terjadinya tekanan secara emosi atau mental. Ini juga bisa dilakukan orang tua terhadap kebiasaan-kebiasan anaknya untuk mendeteksi ganguan mental pada anak.
 
Mengambil waktu untuk diri sendiri
Sekarang adalah masanya dunia terasa berputar lebih cepat, tuntutan dari keluarga, lingkungan, maupun pekerjaan lebih banyak, informasi berseliweran lebih banyak dari berbagai media, terutama dari internet. Oleh karena itu, orang juga jadi lebih mudah terkena stress. 
 
Ambillah waktu setiap hari hanya untuk bersantai dan melakukan apa pun yang kita sukai. Bisa sekedar mandi air hangat, mendapat perawatan tubuh di salon, dipijat, atau melakukan hobi. 
 
Jangan pernah merasa egois ketika melakukan hal ini, terlebih saat tenaga kita sangat dibutuhkan keluarga atau kantor. Karena jika stress dan kelelahan, kita menjadi kurang berdaya dan optimal dalam melakukan sesuatu. 
 
Bebas dari segala jenis layar
Sebisa mungkin, jauhkan segala macam teknologi, seperti ponsel, laptop, tablet, atau TV dari kamar tidur atau hindari mengaktifkan alat-alat tersebut barang dua jam setiap hari. 
 
Anda yang kecanduan media sosial mungkin tergoda untuk mengecek kabar terbaru di linimasa, tapi percayalah, terus-menerus terhubung dengan teknologi seperti itu hanya akan mempengaruhi kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan mental.
 
Menulis
Saat stress, kita sulit untuk fokus. Kadang banyak ide berseliweran di kepala, tapi sulit sekali untuk diraih atau dijabarkan. Coba pindahkan ide-ide atau pikiran itu ke dalam tulisan.  Bisa dalam bentuk daftar tugas atau to do list, bisa juga dalam bentuk jurnal. Kegiatan menulis ini bisa menjadi sangat katarsis.
 
Berolahraga
Pikiran dan tubuh kita sangat berhubungan. Kesehatan fisik berpengaruh terhadap kesehatan mental. 
 
Demikian pula sebaliknya. Berolahraga telah terbukti membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan, selain tentunya membantu menjaga kesehatan fisik. Berolahraga di luar ruangan sangat disarankan karena dengan begitu, Anda juga bisa mendapatkan udara segar yang ideal. Berolahraga minimal 30 menit per hari sudah cukup.
 
Mengurangi konsumsi hal yang tidak baik bagi tubuh
Banyak orang yang mengobati dirinya sendiri dari gangguan jiwa dengan minum minuman beralkohol atau minum obat penenang, padahal dampaknya hanya sementara saja dan akibat jangka panjangnya justru bisa lebih parah. 
 
Alkohol tergolong depresan atau mengandung zat yang mampu menekan pusat syaraf, yang justru dapat menyebabkan penyakit mental.
 
Jadi, sayangilah kesehatan jiwa sendiri sebelum yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agne Yasa
Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro