Ini Game Online Populer Pada Era-2000-an, Mana yang Paling Seru?

#Garagaramaingames terus menjadi trending topik sepanjang hari ini, kalau tadi Bisnis.com sudah membahas manfaat main games, sekarang kita nostalgia dulu dengan game online zaman dulu yuk.
Oliv Grenisia
Oliv Grenisia - Bisnis.com 25 Maret 2019  |  15:46 WIB
Ini Game Online Populer Pada Era-2000-an, Mana yang Paling Seru?
Peserta bermain game online PUBG pada acara Spirit of Millennials Games Day 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/12/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Tagar #Garagaramaingames masih menjadi trending topik Indonesia di Twitter sampai Senin (25/3/2019) pukul 15:20 WIB. Nah, berikut ulasan gim daring yang sempat populer di Indonesia.

Senin pagi ini, (25/3) tagar #GaraGaraMainGames jadi trending topik di twitter Indonesia. Hingga pukul 15.20 sudah ada hampir 3.000 tweet yang menggunakan tagar ini.

Berbicara tentang gim daring, di Indonesia sendiri sudah mulai populer sejak era 2000an. Kala itu, mayoritas pengguna gim daring memainkannya di warung internet (warnet). Apa kamu salah satunya?

Dari banyaknya gim daring saat itu, Bisnis.com pun mengulas beberapa gim terkenal di zaman itu. Yuk bernostalgia bersama-sama.

Nexia

Nexia menjadi gim daring tertua di Indonesia yang dirilis pada 2001.

Dalam gim yang berbasis role playing game (RPG) ini, banyak sekali fitur-fitur menarik seperti berburu, percintaan, bertualang, bekerja, dan aktivitas lainnya.

Nexia memiliki grafik 2D yang sederhana, sehingga kala itu para gamer tak perlu menggunakan spesifikasi komputer yang tinggi.

Sayangnya, tiga tahun setelah rilis, gim ini ditutup karena tidak memperpanjang lisensinya.

Ragnarok Online

Ragnarok Online (RO) hadir di Indonesia pada tahun 2003. Kala itu, dengan bermain gim ini kamu bisa menambah kenalan baru karena RO memiliki fasilitas chat room.

Ragnarok awalnya berlatarbelakang komik asal Korea Selatan yang kemudian dikembangkan menjadi gim daring.

Nah, gim ini kembali hadir lho di tahun ini dengan transformasi tampilan 3D yang diberi judul ‘Dawn Break X Ragnarok Online’. Gim ini hasil kolaborasi antara Gravity dengan Auer Media & Entertainment.

Gunbound

Gunbound menjadi salah satu favorit para pecinta gim saat itu. Beredar pada tahun 2004, Gunbound menjadi gim action pertama di Indonesia.

Gim 2D ini menawarkan banyak karakter, senjata, dan kendaraan yang bisa kamu pilih. Kendaraannya bisa berupa binatang, seperti kura-kura, serigala, paus biru  atau dinosaurus.

Cara bermainnya, ada dua tim yang akan bertarung. Menembaknya tergantung kecepatan senjata, jarak lawan, dan kecepatan angin.

Tahun 2017, Gunbound versi android dan ios diluncurkan dengan nama GunboundM.

02Jam

02Jam menjadi gim daring musik pertama yang cukup ngetren sebelum Audition. O2Jam gim berjenis rhythm, yakni skema permainannya adalah mengikuti ketukan nada.

Saat ini, O2Jam juga dapat dimainkan di perangkat mobile mu dengan nama “O2Jam U” yang dirilis oleh MOMO Corporation.

Audition Ayodance

Di tengah tren O2Jam, Audition muncul hingga membuat game sebelumnya tenggelam. Gim ini mungkin yang membuat lagu K-Pop membahana hingga saat ini.

Pada awalnya, gim ini diluncurkan pada tahun 2005 di Korea Selatan namun popularitasnya meningkat hingga ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

PT Megaxus Infotech meluncurkan Audition di Indonesia tahun 2007 dan tahun lalu Megaxus menghadirkan gim ini versi mobile dengan judul yang sama.

Mereka mengharapkan Audition AyoDance dapat memberikan konten terbaik, unik, dan menarik untuk seluruh gamers di Indonesia. Salah satu upaya mereka dengan menyajikan ribuan avatar dan lagu-lagu terbaik.

Nah, gim daring apa yang paling berkesan bagimu di masa lalu? Ingin memainkannya lagi enggak sekarang?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
games

Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top