Purwacaraka Gabungkan Lagu Pop dan Instrumen Etnik di Festival Arena Frankfurt

Musisi Purwacaraka bakal tampil pada pameran industri musik Frankfurt Musikmesse 2019 di Jerman pada 4 April mendatang.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 27 Maret 2019  |  09:02 WIB
Purwacaraka Gabungkan Lagu Pop dan Instrumen Etnik di Festival Arena Frankfurt
Purwacaraka (kanan) bersama pemain alat musik sasando elektrik membawakan lagu Fix You dari Coldplay, perpaduan lagu pop dan musik entik. JIBI - Bisnis/Syaiful Millah.

Bisnis.com, JAKARTA – Musisi Purwacaraka bakal tampil pada pameran industri musik Frankfurt Musikmesse 2019 di Jerman pada 4 April mendatang.

Pria kelahiran 1960 tersebut akan menghibur sekitar 1.500 penonton  di Festival Arena Frankfurt Musikmesse sebagai perwakilan paviliun Indonesia, melengkapi 11 merek karya anak bangsa yang turut terlibat dalam ajang industri musik terbesar di Eropa itu.  

Rencananya, Purwacaraka dan tim akan membawakan berbagai judul lagu dari daerah hingga internasional, seperti lagu daerah Bolelebo dan lagu pop Fix You dari Coldplay.

Menariknya, Purwacaraka bakal membawa sentuhan musik Nusantara di gelaran internasional itu dengan iringan musik etnik dari alat-alat musik yang juga unik.

Beberapa instrumen yang akan digunakan misalnya bass dan violin dari bambu, angklung toel, dan sasando elektrik yang semuanya merupakan alat musik buatan lokal. Intrumen musik tersebut merupakan buatan tangan merek lokal dan akan dipamerkan dalam Frankfurt Musikmesse 2019.

“Main musik buat saya bukan sekadar menyenangkan penonton tapi ada tujuan dibalik itu. Sekarang kita mau nunjukkin instrumen Indonesia ke luar negeri dengan bahasa yang umum dimengerti, misalnya lagu-lagu kekinian dengan instrumen tradisional bukan sepenuhnya etnik karena nanti orang enggak ngerti,” katanya.

Melalui penampilannya di Frankfrut, Jerman, Purwacaraka berharap musik dan instrumen dalam negeri bisa dikenal luas oleh masyarakat global dan dampaknya akan terasa bagi industri musik Indonesia secara keseluruhan.

Adapun pada tahun ini, Indonesia pertama kalinya terlibat secara berkelompok dalam ajang Frankfrut Musikmesse 2019 yang difasilitasi oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Lembaga pemerintah itu membawa 11 merek pelaku industri musik dalam negeri yang akan ditampilkan di Jerman.

Para pelaku industri musik yang mewakili Indonesia tersebut yaitu, Kuassa Teknika, Genta Guitar, Premiere Wood Manufacturing, Kyre Drums, X9 Pro Audio, Indonesia Bamboo Community, Sawoe, Sui Generis Straps, Blueberry Guitar, Seruni Audio, dan Sasando Shop.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
musik, purwacaraka

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top