Selain Kanker Serviks, HPV Juga Bisa Sebabkan Kutil Kelamin

Human Papillomavirus (HPV) bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Tidak semua tipe HPV menyebabkan kanker. Dari 150 tipe HPV, ada tipe virus yang bersifat non kanker yang dapat menyebabkan kutil kelamin, yakni tipe 6 dan 11.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 28 Maret 2019  |  11:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Human Papillomavirus (HPV) bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Tidak semua tipe HPV menyebabkan kanker. Dari 150 tipe HPV, ada tipe virus yang bersifat non kanker yang dapat menyebabkan kutil kelamin, yakni tipe 6 dan 11. 

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Dian Pratiwi dari Klinik Spesialis Kulit dan Kelamin Pramudia, HPV merupakan virus yang sangat menular melalui kontak kelamin dengan orang yang terinfeksi. 

“Virus ini penyebab infeksi menular seksual yang paling umum,” kata Dian, Kamis (28/3/2019).

Tetapi, apabila daya tahan seseorang kuat, beberapa jenis HPV ini sebenarnya bisa mati. 

HPV tipe 6 dan 11 menyebabkan 100% kejadian kutil kelamin.

“Itulah sebabnya penting sekali mencegah virus ini,” kata Dian.

 Menurutnya, siapapun yang sudah aktif secara seksual berisiko tertular. Orang yang terinfeksi HPV menunjukkan gejala dan tanda. 

Cara penularan paling besar adalah hubungan seksual vaginal, anal, dan oral dengan orang yang terinfeksi.  Kebanyakan kasus infeksi sembuh tanpa intervensi dalam beberapa bulan.

“Sebagian infeksi HPV sembuh sendiri dalam kurun waktu 2 tahun,” katanya. 

Untuk mencegah risiko tertular HPV, Dian menyarankan melakukan vaksinasi. Selain itu, bagi orang yang aktif secara seksual sebaiknya menggunakan kondom secara benar setiap kali berhubungan seks. 

“Pastikan juga untuk melakukan hubungan seksual monogami dua arah, artinya dua-duanya masing-masing pasangan harus monogami,” kata Dian.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kanker, vaksin, kanker serviks

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top