Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kompetisi Novel Terbesar di Indonesia Digelar

Next Top Writer, Kompetisi Novel Terbesar di Indonesia, digelar mulai 1 April hingga 30 Juni 2019, mengusung tagline, “Wujudkan Novelmu.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 April 2019  |  15:32 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Next Top Writer, Kompetisi Novel Terbesar di Indonesia, digelar mulai 1 April hingga 30 Juni 2019, mengusung tagline, “Wujudkan Novelmu.

Next Top Writer merupakan ajang bagi para penulis untuk mempublish karya novel buatannya di aplikasi NovelMe dan berkesempatan besar untuk memenangkan total hadiah uang tunai senilai ratusan juta rupiah.

"NovelMe ingin melahirkan lebih banyak penulis populer dan berbakat, serta menyebarkan kebaikan dengan memproduksi novel yang lebih menarik juga berkualitas," ungkap Aji Pribadi, selaku Project Manager NovelMe dalam siaran persnya..

"Next Top Writer" menawarkan total hadiah ratusan juta rupiah untuk para penulis berbakat yang karyanya dipilih secara terbuka dengan suara terbanyak dari pembaca di aplikasi NovelMe.

Pengguna aplikasi tinggal memberikan vote kepada novel atau tulisan yang dinilai menarik, kemudian suara yang diberikan tersebut akan dikumpulkan untuk diakumulasi dan ditentukan mana novel yang memiliki vote tertinggi hingga kemudian menjadi pemenang.
Novel yang terpilih menjadi pemenang akan mendapatkan berbagai keuntungan, diantaranya berkesempatan untuk diangkat menjadi film layar lebar, tentunya juga akan diterbitkan oleh penerbit di media cetak.

Selanjutnya karya tersebut juga bisa diadaptasi menjadi kartun atau animasi, dan dibuat dalam bentuk audio serta akan mendapatkan sertifikat.
"Untuk Next top Writer session pertama ini kita lebih mencoba untuk setiap orang mau mengirimkan karyanya dulu dengan target sampai 600 karya sampai akhir session, lalu kita akan pilih 10 yang bagus. Nanti dari 10 itu kita pilah lagi mana yang akan dicetak, dijadikan film atau dijadikan animasi," tutur Aji.

Mengenai sasaran peserta, ia mengatakan, untuk kompetisi Next Top Writer ini ditargertkan untuk penulis yang masih amatir karena pihaknya ingin memperkenalkan penulis-penulis yang belum terkenal

NovelMe, sebagai penyelenggara Next Top Writer, merupakan aplikasi/platform untuk membaca dan menulis cerita atau konten menarik lainnya. 

Setiap bulannya, pengguna NovelMe bertambah lebih dari 100%, memungkinkan karya-karya penulis untuk dapat dinikmati banyak pembaca setia NovelMe setiap harinya. Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, memungkinkan banyak penulis dan pembaca menjadikan NovelMe sebagai sahabat setia baca tulis.

"NovelMe sendiri hadir sejak November 2018, sampai saat ini telah memiliki sebanyak 50.000 downloader, dan untuk tahun ini ditargetkan sebanyak 500.000 downloader," ujar Aji Pribadi, selaku Project Manager NovelMe dalam siaran persnya.

Sementara terkait transformasi digital yang juga menyentuh industri penerbitan, penulis ternama Moammar Emka mengatakan bahwa peralihan tersebut tidak begitu memberikan dampak yang besar, karena keduanya saling melengkapi.

"Peralihan buku cetak ke bentuk digital, tidak terlalu besar pengaruhnya. Keduanya akan saling melengkapi karena masing-masing memiliki segmen pasar tersendiri,” jelas Emka.

Menyoal pendapatan atau royalti yang didapatkan oleh seorang penulis, ia menambahkan, juga tidak terdapat perbedaan yang signifikan, karena sama-sama memberikan keuntungan bagi pencipta.

Kompetisi Next Top Writer digelar mulai 1 April hingga 30 Juni 2019 yang bisa diikuti seluruh Warga Negara indonesia (WNI) tanpa batasan umur, dan peserta wajib mengikutsertakan karya novel minimal 30 ribu kata dengan tema bebas namun terbatas pada pilihan genre Romance, Fantasy, Horror, Adventure, Science-Fiction, dan Action.



Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

novel
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top