Bugar berolahraga/boldsky.com
Health

Kapan Sebenarnya Waktu yang Terbaik untuk Berolahraga?

Eva Rianti
Kamis, 4 April 2019 - 19:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam berolahraga, ada waktu terbaik yang direkomendasikan oleh para ahli. Di waktu tersebut jika olahraga dilakukan secara konsisten, akan berdampak sangat positif bagi kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pagi hari dan sore hari baik untuk berolahraga. Berolahraga di pagi hari secara rutin akan membuat Anda merasa lebih berenergi dalam menjalani hari. Adapun, berolahraga pada sore hari bermanfaat memulihkan diri dari stress sepanjang hari.

Berolahraga Pada Pagi Hari

Berolahraga pada pagi hari, terutama ketika perut kosong, adalah cara terbaik untuk membakar lemak yang tersimpan, menjadikannya ideal untuk menurunkan berat badan.

Menurut Anthony Hackney, seorang profesor di Departemen Olahraga dan Ilmu Olahraga di Universitas of North Carolina Chapel Hill, itu terjadi karena komposisi hormon tubuh di pagi hari dibentuk untuk mendukung tujuan tersebut.

“Pada dini hari, Anda memiliki profil hormon yang akan membuat Anda cenderung memiliki metabolisme lemak yang lebih baik. Orang secara alami memiliki peningkatan kadar kortisol dan hormon pertumbuhan pada pagi hari, keduanya terlibat dalam metabolisme, sehingga Anda akan menarik lebih banyak energi dari cadangan lemak Anda,” tuturnya, dilansir dari Time.

Hal tersebut, lanjutnya, berpotensi membantu menurunkan berat badan. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga pagi dapat mengurangi nafsu makan sepanjang hari, yang artinya dapat membantu Anda dari upaya mencegah bertambahnya berat badan. 

Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Physiology menemukan bahwa berolahraga pada jam 7 pagi dapat menggeser jam tubuh Anda lebih awal, yang berarti Anda akan merasa lebih waspada di pagi hari dan merasa lelah di malam hari.

Ini berpotensi memberi Anda waktu istirahat yang cukup dan melakukan hal yang sama pada hari-hari berikutnya.  

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa lebih mudah untuk tetap pada kebiasaan sehat yang diselesaikan di pagi hari. Keringat pagi juga dapat menyebabkan kesehatan mental dan produktivitas yang lebih baik sepanjang hari, sebab olahraga sangat baik untuk mengurangi stres.

Hackney melanjutkan, jika Anda benar-benar bukan orang yang terbiasa bangun pagi, tidak perlu memaksakan diri. 

“Anda mungkin berolahraga, tetapi mungkin pada tingkat intensitas rendah sehingga Anda benar-benar tidak menghabiskan banyak energi,” katanya.

Olahraga Sore Hampir Sama Baiknya

Olahraga pada sore hari merupakan pilihan kedua, lanjut Hackney, terutama ketika Anda mencoba melakukannya secara rutin. 

Olahraga pagi hari sangat ideal untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan, tetapi latihan sore hari dapat meningkatkan kinerja Anda, karena Anda akan mulai makan satu atau dua kali saat Anda mulai.

“Setiap kali Anda makan, kadar gula darah Anda naik. Gula dalam bentuk glukosa darah adalah salah satu hal yang kita butuhkan jika kita mencoba bekerja pada intensitas yang lebih tinggi,” jelasnya.

Olahraga sore juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menghindari kemerosotan di akhir hari. Penelitian menemukan bahwa berolahraga antara jam 1 hingga 4 sore dapat menggeser maju jam tubuh Anda dengan cara yang sama seperti olahraga pagi hari. Bahkan berjalan cepat dapat membantu Anda bersemangat dan fokus kembali.

Sebuah makalah pada 2018 menunjukkan bahwa tubuh Anda secara alami membakar sekitar 10% lebih banyak kalori pada sore hari, dibandingkan dengan pagi dan malam hari.

Para peneliti melihat tubuh saat istirahat sehingga mereka tidak bisa menarik kesimpulan tegas tentang apa yang terjadi ketika orang berolahraga.

Olahraga Malam Hari Masih Dilengkapi dengan Fasilitas

Bagi banyak orang, berolahraga paling nyaman adalah setelah bekerja. Tetapi ada kepercayaan umum bahwa olahraga malam sangat membuat Anda lelah sehingga sulit untuk tertidur kemudian.

Sementara itu, studi Journal of Physiology menemukan bahwa berolahraga antara pukul 7 hingga 10 malam bisa menunda jam tidur bagi tubuh. Namun, Hackey menampik hal itu.

“Bukti menunjukkan bahwa, selama Anda tidak berolahraga, mandi dan kemudian segera melompat ke tempat tidur untuk tidur, itu sama sekali tidak mengganggu pola tidur Anda,” katanya.

Namun, aktivitas menghilangkan stres seperti yoga bahkan dapat membantu Anda tidur lebih baik jika dilakukan di malam hari, ia menambahkan.

Sementara penelitian tentang olahraga pagi hari dan penurunan berat badan lebih mapan, beberapa bukti menunjukkan bahwa latihan malam hari juga dapat mengatur orang untuk menurunkan berat badan.

Sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Physiology menemukan bahwa latihan malam hari tidak mengganggu tidur, dan seiring waktu juga dapat mengurangi kadar hormon ghrelin yang merangsang rasa lapar, yang dapat membantu menurunkan berat badan atau manajemen.

Dari penjelasannya tersebut, Hackney menegaskan bahwa jika Anda harus memilih waktu terbaik untuk berolahraga, pagi adalah jawabannya.

Tetapi, benar-benar tidak ada waktu yang buruk untuk berolahraga. Yang paling penting adalah menemukan waktu untuk melakukannya.

“Jika Anda akan melakukannya pada pagi hari, lakukanlah! Jika Anda akan melakukannya pada malam hari, lakukanlah!. Jika fisiologi Anda tidak cocok dengan perilaku Anda, maka itu adalah poin yang bisa diperdebatkan,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro