Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 5 Iklan Video yang Bikin Ketawa sampai Tercengang

Dalam beberapa tahun belakangan, iklan video punya reputasi sebagai medium paling handal dalam menyampaikan content marketing dari sebuah produk. Berikut 5 iklan video yang punya konsep ide paling mengejutkan.
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 04 April 2019  |  11:14 WIB
Ilustrasi iklan video
Ilustrasi iklan video

Bisnis.com, Jakarta - Iklan lewat video menjadi medium andalan untuk menarik minat calon konsumen dalam membeli produk. Nah, berikut ini ada 5 iklan di luar negeri yang bikin ketawa atau mengerinyitkan dahi.

Adapun, deretan iklan-iklan ini dibuat dalam sebuah thread di Twitter oleh akun bernama @Ryandirachman. Dia mengaku salah satu pekerja di industri periklanan, untuk itu dia memilih beberapa iklan video yang unik dan berkesan. 

"Gue mau share iklan-iklan yang menurut gue bagus mulai dari iklan yang konyol, gak ketebak, keren, sampe yang sad/heart touching," tulisnya pada 2 April 2019.

Berikut ini Bisnis.com pilih 5 iklan video yang punya konsep ide yang tak bisa dibayangkan.

1. Seriusly Durable

Iklan video pertama yang punya konsep ide paling nyeleneh datang dari kisah romantis sepasang cicak dan sejumlah pria yang tengah asik main catur.

Adegan pembuka menyajikan 2 cicak yang lari dari arah berlawanan untuk berpelukan. Namun saat hal itu dilakukan, tiba-tiba muncul retakan membuat salah satu cicak tersebut terperosok jatuh ke papan catur yang dikerubungi 3 pria.

Tak rela hanya pasangannya yang menderita, keputusan nekat diambil cicak yang satunya. Ia memutuskan juga ikut terjun hingga muncul adegan romantis yang tragis.Kedua ciciak tersebut bersimbah darah, bahagia dan menderita bersama.

Melihat adegan pilu tersebut, sontak saja salah satu pria mengamuk ke si pemilik rumah, mengapa ia memakai plafon rumah yang berkualitas rendah. Iklan video tersebut lantas ditutup dengan memention produk yang dimaksud.

Terkait iklan ini, @Ryandirachman menjelaskan bahwa iklan itu identik dengan kata: nyebelin, pengganggu, gak penting, perusak momen, dan sebagainya.

"Tapi kalau iklan dikemas sedemikian rupa, secantik mungkin, pasti banyak yang suka kok!" terangnya.

2. Daihatsu Wave

Iklan video yang satu ini menyuguhkan aksi nyeleneh seorang pria Jepang yang harus bersusah-susah merombak mobilnya terlebih dahulu demi bisa menunjang aktivitas.

Namun usaha kerasnya tersebut berujung sia-sia setelah ia melihat adiknya datang dengan mobil multiguna.

"Jepang kalau bikin iklan emang rada melenceng sih," tulis @Ryandirachman sambil mengulang-ulangani silabel Anchan yang berarti kakak dalam Bahasa Jepang.

3. Long Long Man

Iklan video yang satu ini juga berasal dari Negeri Sakura. Produk yang ditawarkan sebenarnya hanya sebuah permen karet.

Namun format iklan cerita berseri ini bakalan memicu perhatian semua audiens akibat narasi yang dibuat sungguh-sungguh di luar kepala dan memicu sensasi yang agak dilebih-lebihkan.

Bahkan @Ryandirachman mengakuinya sebagai iklan paling WTF. "Ini bakalan bikin lo bilang, "ANJ***MG INI IKLAN APAAN SI, BANG***AT!' Gua gak ngerti ini dia bikin iklan pake teknik apaan," ungkapnya sambil mengimbuhi dengan emot sedih.

4. Celebrate the Joy of Love

Iklan video yang satu ini mendapat pujian setinggi langit dari @Ryandirachman. "Cakep banget copywriter-nya ngebuild cerita. Tonton sampe abis!" sarannya.

Memang saat menonton iklan restoran cepat saji dari Filipina ini, audiens akan dibawa dalam ingatan romantik pria yang dipertemukan secara tidak sengaja dengan sosok wanita yang mempesonanya.

Setiap potongan gambar dan suara menyentuh hati, hingga hal mengejutkan yang tak disangka-sangka muncul di akhir video. Coba tonton sampai habis ya.

5. Sure - Erena

Makna dalam Iklan video yang terakhir ini sungguh tak bisa disangka-sangka.

Kisah dimulai saat muncul seorang polisi lalu lintas dari sebuah kapsul raksasa di tengah jalan. Ia tiba-tiba saja menghentikan pengendar mobil yang mengangkut banyak daging di bagasinya.

Sang polisi lantas menjatuhi hukuman karena temuan ini. Tentu saja sang pengendara mobil tak terima hingga terjadi adu argumen yang panjang.

Belum selesai satu urusan, tiba-tiba sang polisi menghentikan pengendara sepeda motor. Ia meminta sang pengendara kedua ini untuk membuka jok dan memperlihatkan isi tangki kendaraan tersebut.

Namun pengendara ini bernasib sama dengan sang pengedara mobil. Ia didakwa oleh sang polisi karena membawa minyak.

Audiens mungkin akan bertanya-tanya, "Ada apa gerangan dengan polisi yang satu ini?" Rupanya ini adalah iklan sebuah suplemen makanan.

Soal iklan yang satu ini, @Ryandirachman berkomentar sambil mengumpat dan ngakak, "Gak jelas apa message yang mau disampaikan oleh si brand."

Demikan 5 iklan video yang punya konsep cerita yang di luar dugaan banyak penonton. Menurut kamu, video mana yang paling nyeleneh?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iklan video advertising
Editor : Surya Rianto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top