Ilustrasi/Istimewa
Health

Cara Mengelola Stres Dan Kecemasan Saat Kehamilan

Eva Rianti
Selasa, 16 April 2019 - 16:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wanita memiliki kecenderungan untuk mudah mengalami stres, terutama bagi mereka yang memiliki banyak peran. Stres bisa semakin bertambah ketika wanita tengah menjalani masa kehamilan. 

Setiap wanita mengalami kehamilan secara berbeda, namun mereka semua harus berurusan dengan stress dan kecemasan selama masa tersebut. Sebagian wanita memilih untuk mengabaikan fakta bahwa mereka sedang stress. Namun, para peneliti menyebutkan bahwa stres berlebihan selama kehamilan dapat membahayakan janin.

Stres yang wanita hamil rasakan bisa diakibatkan oleh sejumlah alasan. Bisa jadi karena cemas memiliki tanggung jawab baru sebagai seorang ibu , atau takut dengan rasa sakit saat melahirkan. Jika Anda juga bekerja selama masa kehamilan, itu tentu membuat Anda semakin stres.  

Stres yang berlebihan diketahui menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon tertentu yang dapat memicu persalinan prematur atau bahkan keguguran.

Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan tingkat darah Anda meningkat secara tidak normal, yang menyebabkan bahaya besar bagi janin. Jika obat tidak membantu menurunkan tekanan darah, itu menimbulkan risiko besar bagi kehidupan bayi, dan operasi caesar akan diperlukan.

Dilansir dari Boldsky, baru-baru ini, berikut ini beberapa cara mengelola stres dan kecemasan saat kehamilan yang bisa Anda terapkan agar lebih rileks dan tenang, 

Lakukan hal yang Anda cintai

Jika Anda adalah orang yang memiliki banyak tanggung jawab di rumah, penting bagi Anda untuk bersantai selama masa kehamilan. Dengarkan musik atau baca buku. Ini akan meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh yang baik untuk bayi dan Anda pribadi. 

Coba meditasi

Meditasi selama kehamilan terbukti secara signifikan mengurangi tingkat stres dalam tubuh dan juga menstabilkan detak jantung dan tekanan darah. Temukan ruangan gelap yang sunyi dan meditasi setidaknya setengah jam setiap hari. Ini akan mengurangi komplikasi terkait kelahiran hingga lebih dari 90%

Terima tubuh Anda

Banyak wanita menekankan tentang perubahan yang terjadi dalam tubuh mereka, terutama berat yang mereka peroleh. Menerima fakta ini akan memudahkan Anda dan mengurangi tingkat stres Anda. Anda harus ingat bahwa apapun yang terjadi, Anda akan menjadi orang yang paling cantik di mata bayi Anda.

Mengonsumsi lebih banyak omega 3 dalam diet Anda

Diet kaya asam lemak omega-3 akan mengangkat semangat Anda. Ini dikenal untuk mengurangi tingkat stres dalam tubuh dan meningkatkan asam amino esensial yang disebut triptofan. Hormon ini pada gilirannya akan membantu Anda tidur lebih baik dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Bagikan perasaan Anda

Membagikan perasaan Anda kepada pasangan atau teman dekat tidak hanya akan membantu Anda rileks, tetapi juga akan membantu mereka menilai apa yang Anda alami. Mereka akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dan membantu menjaga kesehatan Anda. 

Tidur lebih sering

Tidur akan membantu Anda rileks dan mengurangi tingkat hormon stres yang diciptakan oleh tubuh. Wanita hamil sering merasa lelah dan mengantuk. Anda disarankan untuk mendengarkan tubuh saat ia menuntut tidur. Tidur juga akan menyegarkan dan memberi energi pada Anda.

Bicara dengan bayi

Tahukah Anda bahwa bayi Anda dapat mendengarkan Anda sejak 23 minggu ke depan? Betul! Berbicara dengan bayi Anda atau bahkan mendengarkan musik yang menenangkan akan membantu Anda menjalin ikatan dengan baik. Merasakan gerakan bayi Anda dan berfokus pada hal itu akan membuat Anda rileks dan menjauhkan Anda dari pikiran stres lainnya.

Berhenti bekerja

Jika Anda memiliki pekerjaan yang sangat menegangkan, dokter mungkin menyarankan Anda untuk berhenti selama kehamilan, karena pekerjaan dapat membuat banyak stres pada bayi dan Anda. Lagi pula, tidak ada yang lebih penting daripada bayi Anda.

Berdamai dengan fakta

Mendengarkan kisah wanita lain tentang persalinan atau setelah masa kehamilan dapat membuat Anda stres. Alih-alih mendengarkan pengalaman menyakitkan orang lain, bacalah materi dari sumber tepercaya untuk mempersiapkan diri Anda.

Bahwa tidak ada yang namanya persalinan tanpa rasa sakit dan mendiskusikan opsi ini dengan dokter akan menenangkan pikiran Anda mengenai mitos seputar persalinan.

Temukan bantuan

Kebanyakan ibu menekankan tentang kesejahteraan anak setelah dia dilahirkan. Dalam kasus seperti itu, minta orang yang berpengalaman membantu Anda menangani bayi Anda yang baru lahir. Ini akan mengurangi stres pada Anda dan juga akan memastikan keseimbangan antara hidup Anda dan bayi juga.

Ingatlah bahwa tubuh Anda juga akan memerlukan waktu untuk pulih setelah melahirkan, sehingga Anda akan membutuhkan banyak bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro