Ini 6 Suplemen Alami untuk Tingkatkan Daya Ingat

Memiliki ingatan yang lemah bisa mengkhawatirkan dan membuat frustasi. Penyebab paling umum adalah kurang tidur, depresi, cemas, defisiensi nutrisi, dan pengaruh obat-obatan tertentu.
Eva Rianti | 20 April 2019 16:02 WIB
Jamu kunyit asam - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki ingatan yang lemah bisa mengkhawatirkan dan membuat frustasi. Penyebab paling umum adalah kurang tidur, depresi, cemas, defisiensi nutrisi, dan pengaruh obat-obatan tertentu.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan memori, meningkatkan kreativitas, dan mempercepat proses berpikir, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen alami.

Berikut ini beberapa obat alami yang dapat membantu Anda meningkatkan daya ingat, seperti dilansir dari Boldsky, Sabtu (20/4/2019).  

Minyak kelapa

Minyak kelapa murni dapat meningkatkan memori dan fungsi kognitif serta mampu mengisi sel-sel otak Anda. Terlepas dari itu, minyak kelapa juga mampu menurunkan kolesterol, meningkatkan energi dan kesehatan kulit serta rambut.

Untuk memanfaatkan suplemen alami ini, Anda dapat mengonsumsi satu sendok teh minyak kelapa murni dua kali sehari. Tambahkan ke dalam smoothie atau salad.

Minyak ikan

Ikan adalah sumber yang kaya asam lemak omega 3 yang memainkan peran utama dalam fungsi otak. Asam lemak omega 3 terakumulasi dalam hipokampus otak dapat meningkatkan transmisi sinaptik. Sel-sel memori mampu berkomunikasi dan mengirimkan pesan lebih mudah karena tingginya kadar asam lemak omega 3.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan hubungan antara asam lemak omega 3 dan fungsi kognitif pada orang dewasa paruh baya.

Untuk mendapatkan manfaat pada peningkatan daya ingat, Anda bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan atau makan ikan berlemak seperti makarel, salmon, sarden, dan tuna.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa polifenol yang disebut curcumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Curcumin meningkatkan ekspresi enzim yang menghancurkan protein beta-amiloid. Penumpukan protein beta-amiloid mengganggu komunikasi antara sel-sel yang menyebabkan memori buruk.

Sebuah studi penelitian telah menunjukkan bahwa curcumin memiliki kemampuan untuk menurunkan stres oksidatif dan peradangan di otak yang terkait dengan daya ingat yang melemah.

Tambahkan kunyit dalam makanan Anda, dan untuk meningkatkan ketersediaan hayati curcumin tambahkan lada hitam.

Madu

Madu memiliki efek nootropik, seperti efek penambah ingatan, serta aktivitas neurofarmakologis, seperti anti-depresi, antikonvulsan, ansiolitik, dan aktivitas antinosiseptif.

Studi penelitian menunjukkan bahwa madu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Minum dua sendok makan madu dua kali sehari, lalu rasakan perubahan pada memori Anda.

Ginkgo biloba

Ginkgo biloba mengandung senyawa seperti terpene trilakton dan flavonoid. Senyawa ini meningkatkan aliran darah yang kaya oksigen ke otak, melindungi terhadap penyakit neurodegeneratif, dan mendorong pertumbuhan koneksi saraf yang sehat. Namun, untuk mengonsumsinya, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Ginseng

Ginseng telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan Cina untuk meningkatkan daya ingat dan menunda penuaan. Suplemen ini mengandung komponen aktif yang disebut ginsenoside yang meningkatkan enzim antioksidan internal dan mengurangi kerusakan sel otak.

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa ginsenosides dapat melindungi sel-sel otak dan mencegah degenerasi saraf, sehingga bisa meningkatkan daya ingat.

Sebagai tambahan, untuk meningkatkan memori, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12, vitamin C, seng, dan asam folat, serta hindari konsumsi lemak jenuh.

Lalu, latihlah otak dengan permainan-permainan seperti teka-teki silang atau teka-teki sudoku. Lakukan aktivitas fisik yang teratur, hindari stres, dan tidurlah yang nyenyak.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
suplemen kesehatan, daya ingat

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup