Aktris dan Penyanyi Doris Day Meninggal di Usia 97 Tahun

Doris Day meninggal pada Senin (13/5/2019) di rumahnya di Carmel Valley California. Kabar tersebut diberitakan oleh Doris Day Animal Foundation dalam pernyataan emailnya.
Syaiful Millah | 13 Mei 2019 22:14 WIB
Doris Day. - Herbert Dorfman/Corbis Historical

Bisnis.com, JAKARTA – Doris Day, seorang aktris, penyanyi, dan aktivis kesejahteraan hewan telah meninggal dunia di usianya yang ke 97 tahun.

Dilansir dari Bloomberg, Doris Day meninggal pada Senin (13/5/2019) di rumahnya di Carmel Valley California. Kabar tersebut diberitakan oleh Doris Day Animal Foundation dalam pernyataan emailnya.

“Doris Day telah berada dalam kesehatan fisik yang sangat baik untuk usianya, sampai baru-baru ini dia mengidap pneumonia yang serius dan mengakibatkan kematiannya,” tulis yayasan tersebut.

Lahir dengan nama Doris Many Ann Kappelhoff di Cincinnati Ohio, Day dikenal melalui serangkaian drama musikal dan komedi romantis serta karier menyanyinya termasuk Pillow Talk dan 29 album studio lainnya.

Day pertama kali mendapatkan ketenaran melalui rekaman Sentimental Journey pada 1945 sebagai vokalis untuk Les Brown dan His Band of Renown. Lagu tersebut menjadi lagu populer pada masa perang dunia kedua dan pada 1946 Day menjadi penyanyi dengan bayaran tertinggi di dunia.

Adapun, karier filmnya dimulai dengan peran dalam sebuah komedi musikal 1948 berjudul Romance on the High Seas. Selanjutnya pada 1953 dia mengambil peran dari judul film hits Calamity Jane yang kemudian berubah menjadi pertunjukan musikal dan acara televisi.

Day menindaklanjuti seni perannya dalam beberapa judul film seperti Alfred Hitchcock dan The Man Who Knew serta film lain bergenre horror dan thriller namun hasilnya kurang memuaskan.

Akhirnya dia memutuskan untuk kembali ke genre komedi dan mendapatkan nominasi Oscar untuk perannya di komedi romantis Pillow Talk 1959. Namun begitu, popularitas wanita bergaya ceria ini mulai menurun.

Karier film Day diakhiri dengan film berjudul With Six You Get Eggroll pada 1968. Dia kemudian beralih ke industri televisi dengan The Doris Day Show yang berlangsung sekitar 5 tahun.

Setelahnya, yakni pada 1973 Day menjadi aktivis kesejahteraan hewan melalui yayasan yang dibangunnya Doris Day Animal Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan membantu hewan di seluruh Amerika Serikat.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wafat, artis

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup