Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Barang yang Wajib Dibawa Saat Mudik Bersama si Kecil

Apalagi jika si kecil masih bayi dan balita, orang tua biasanya ingin membawa berbagai barang dan perlengkapan anak yang akhirnya malah tidak terpakai. Alih-alih membuat nyaman, justru dapat membuat pusing dan ribet sendiri karena terlalu banyak yang dibawa.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 18 Mei 2019  |  14:49 WIB
Anak-anak usia dini belajar menyusun balok. - Antara/Rosa Panggabean
Anak-anak usia dini belajar menyusun balok. - Antara/Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagi pasangan muda yang baru saja memiliki buah hati, traveling bersama si kecil saat mudik Lebaran menjadi sesuatu yang sangat dinantikan sekaligus menjadi tantangan tersendiri.

Berbagai pertanyaan akan membayangi mulai dari barang-barang perlengkapan yang harus dibawa hingga persiapan agar si kecil tetap nyaman selama perjalanan.

Apalagi jika si kecil masih bayi dan balita, orang tua biasanya ingin membawa berbagai barang dan perlengkapan anak yang akhirnya malah tidak terpakai. Alih-alih membuat nyaman, justru dapat membuat pusing dan ribet sendiri karena terlalu banyak yang dibawa.

Abi Shihab, Marketing Communication Manager Mothercare & ELC merekomendasikan beberapa kebutuhan penting yang harus dibawa saat mudik dan berlibur bersama si kecil. Pertama, diaper bag atau tas perlengkapan bayi yang berisi popok serta keperluan utama si kecil seperti makanan berserta peralatannya, perlengkapan menyusui, toiletries, obat-obatan, dan juga pakaian ganti.

“Pilihlah diaper bag yang berisi banyak saku sehingga bisa menyimpan berbagai banyak barang tanpa tercecer. Untuk kebutuhan toiletries pilihlah yang dalam bentuk kemasan travel size. Agar si kecil nyaman selama perjalanan, siapkan juga mainan untuknya,” ujarnya.

Kedua, koper atau tas yang berisi pakaian dan selimut bayi. Agar baju yang dibawa tidak terlalu banyak, maka jumlahnya 1,5 hari perjalanan. Artinya jika berpergian selama 5 hari, baju yang dibawa cukup 7 atau 8 baju, sedangkan jumlah celana bisa lebih sedikit karena dapat dicocokan dengan baju yang berbeda.

Ketiga, stroller dan carrier atau gendongan. Untuk  mempermudah mobilitas, pilihlah gendongan bayi juga yang memiliki hipseat atau penyangga duduk untuk memberikan kenyamanan kepada orang tua saat menggendong si kecil selama  perjalanan

Adapun stroller, bawa yang mudah dilipat dan nyaman untuk dibawa berpergian. Mothercare menyediakan stroller atau kereta dorong bayi dengan ukuran cabin seperti Baby Jogger City Tour, Britex, Joie Tourist dan Mothercare ride.

Sementara itu, Nucha Bachri, Pendiri Parentalk.id yang juga ibu dari dua anak balita ini menceritakan pengalamannya saat mudik dan traveling bersama buah hati. Saat pertama kali mudik, Nucha dan suami hampir sama dengan orang tua baru lainnya yang bingung mempersiapkan perlengkapan anak.

Beruntung dia dan suami sudah terbiasa pergi berlibur bersama anak sehingga sudah mengetahui berbagai perlengkapan wajib yang harus dibawa. Kini setelah memiliki dua balita, perlengkapan dan persiapan yang dibawa tentu lebih banyak.

“Sebagai orang tua kita juga harus memastikan mereka merasa nyaman serta aman selama perjalanan dengan semua produk yang kita bawakan,” ujarnya.

Lebaran kali ini, Nucha dan suami tidak pulang kampung tetapi memilih berlibur selama 8 hari bersama kedua buah hatinya. Dia sendiri memilih penginapan yang memiliki mesin cuci sehingga tidak perlu membawa banyak pakaian. Serta membawa perlengkapan anak dengan bentuk yang travel size

“Bawa satu koper berisi pakaian dan perlengkapan anak sama satu stroller atau gendongan untuk memudahkan saat berjalan-jalan,” ujarnya.

Selain itu, yang tidak boleh ketinggalan adalah camilan dan mainan saat di jalan. Agar anak tidak bosan dan lebih semangat, Nucha memilih mainan baru atau busy book yang isi di dalamnya bermacam-macam untuk dimainkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top