Menteri Kesehatan Nila F Moeloek/Dok. Kemenkes
Health

Layanan Kesehatan Siaga 24 Jam di Beberapa Titik Mudik

Ria Theresia Situmorang
Senin, 27 Mei 2019 - 09:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi yang prima saat perjalanan mudik memang menjadi idaman para pemudik saat libur Lebaran. Kementerian Kesehatan (Kemkes) menyediakan pelayanan kesehatan 24 jam bagi para pemudik.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek bersama  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Minggu (26/5/2019), melakukan pemantauan kesiapan fasilitas-fasilitas untuk menunjang pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, keduanya juga menyapa para penumpang dilanjutkan dengan meninjau Pos Kesehatan.

“Pos-pos kesehatan siap melayani para pemudik dan juga pengemudi untuk cek kesehatan sebelum berangkat, diharapkan tidak ada yang menggunakan obat-obatan terlarang serta tetap menjaga kesehatan,” jelas Nila F Moeloek.

Nila mengatakan kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Di Indonesia, penyakit hipertensi dan diabetes memang mendominasi para pemudik dan pengemudi, sehingga perlu upaya promotif dan preventif.

Saat ini, pos kesehatan difasilitaai sebanyak 6.047 di seluruh provinsi, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk cek kesehatan.

“Posko kesehatan telah siap dan berlangsung selama H-7 dan H+7 Lebaran, begitupun pelayanan kesehatan lainnya juga siap selama 24 jam tenaga kesehatan juga tetap bekerja dengan sistem shifting tentunya” ujar Nila.

Para tenaga kesehatan di beberap titik jalur mudik siap untuk melakukan pemeriksaan. Jika perlu pengobatan lebih lanjut, pos kesehatan stasiun, bandara dan pelabuhan telah bekerjasama dengan puskesmas dan dapat dirujuk ke rumah sakit setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro