Diet Es, Apakah Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Menambahkan beberapa es batu ke dalam segelas air lalu meminumnya ternyata tidak hanya membantu menghilangkan dahaga, namun juga membantu menurunkan berat badan.
Eva Rianti | 30 Mei 2019 19:36 WIB
Cantik dengan es batu. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menambahkan beberapa es batu ke dalam segelas air lalu meminumnya ternyata tidak hanya membantu menghilangkan dahaga, namun juga membantu menurunkan berat badan.

Ahli Gastroenterologi Brian Weiner telah membuat rencana penurunan berat badan yang disebut diet es, dengan melibatkan konsumsi es batu.

Dalam bukunya berjudul ‘The Ice Diet’, dia menjelaskan bahwa diet tersebut melibatkan konsumsi es batu dalam jumlah besar, setidaknya satu liter sehari. Porsi tersebut diyakini dapat membantu menurunkan berat badan. Idealnya, yang terbaik adalah makan dua kali sehari, dan tiga kali jika Anda orang yang aktif secara fisik, mengutip informasi dari Boldsky (30/5/2019). 

Adapun, mekanismenya, saat Anda mengonsumsi sesuatu yang benar-benar dingin, seperti es batu, tubuh membutuhkan sesuatu untuk membakar kalori dengan tujuan mencairkan es batu tersebut sekaligus menjaga suhu di internal tubuh agar tetap normal.

Mengonsumsi es batu dapat meningkatkan basal metabolic rate atau BMR. Ini merupakan kebutuhan kalori yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas basalnya.

Misalnya, saat tidur, duduk, atau tidak melakukan kegiatan apapun, tubuh tetap melakukan aktivitas, seperti memompa jantung, mencerna makanan, bernapas, ataupun membuang racun dalam tubuh serta menjaga suhu internal tubuh.

Mengonsumsi es batu secara konsisten diyakini mampu mengurangi berat badan kendati tidak melakukan aktivitas lain seperti olahraga. Satu liter air yang dikonversikan menjadi es batu dapat membakar hingga 160 kalori, itu sama halnya jika Anda melakukan lari lebih dari satu kilometer.

Secara ril, jika melakukan diet es, kemungkinan akan membantu mengurangi setidaknya satu kilogram berat badan per bulan.

Lantas bagaimana cara melakukan diet es?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika Anda ingin melakukan diet es batu.

Pertama, memasukkan es batu dalam teh. Anda dapat menambahkan es batu dalam teh hijau atau es teh, sebab penggabungan kafein dengan es dapat meningkatkan sistem penurunan berat badan.

Kedua, kunyah es setelah makan. Setelah mengonsumsi makanan, kunyah satu atau dua es batu. Ini tidak hanya akan membantu mengurangi berat badan tetapi juga membantu membatasi asupan makanan Anda.

Namun, diet es tidak mengharuskan individu untuk mengurangi asupan makanan seperti biasa.

Ketiga, menambahkan es batu dalam air. Saat mengikuti diet es, salah satu cara terbaik untuk memasukkan es batu ke dalam diet harian Anda adalah dengan menambahkan es batu ke dalam segelas air. Setiap kali Anda minum air, tambahkan dua hingga tiga kubus es.

Keempat, konsumsi es yang hancur. Cara lain yang disarankan adalah mengonsumsi es yang hancur setiap kali Anda merasa lapar. Ini dapat membantu mengendalikan keinginan Anda dan memiliki nol kalori

Selain keempat cara mengonsumsi es tersebut, ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan es batu.

Kelima, menyimpan sebungkus es di pinggang. Ambil beberapa es batu dan bungkus di sekitar pinggang Anda, dan simpan selama sekitar 10—15 menit. Banyak energi yang digunakan selama proses pelelehan es batu, yang pada gilirannya membantu membakar lemak dan membantu penurunan berat badan.

Keenam, mandi air es dingin. Ini merupakan cara lain yang efektif untuk menurunkan berat badan. Ini membantu meningkatkan metabolisme Anda dan dengan demikian membantu penurunan berat badan. Anda dapat menambahkan jumlah es batu yang diinginkan ke dalam ember yang berisi air.

Sebagai catatan, jika Anda hendak mengikuti diet es, disarankan untuk tahu tentang efek sampingnya. Salah satunya adalah ada kemungkinan berat badan Anda kembali bertambah setelah menghentikan diet es.

Selain itu, berefek pula pada kesehatan gigi. Mengunyah es secara terus-menerus bisa berbahaya bagi gigi Anda, karena dapat merusak atau merusak enamel dan dentin dan membuat gigi rentan mengalami pembusukan dan gigi berlubang.

Pada dasarnya, diet es tidak mengharuskan seseorang untuk melepaskan kebiasaan makan dan beralih ke diet serba es. Seperti ditegaskan oleh Weiner, “Saya tidak menyarakankan bahwa orang hanya makan es dan produk-produk berbasis es. Tetapi bahwa konsumsi es dan makanan dingin adalah tambahan yang sangat efektif untuk berolahraga dan diet sehat.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hidup sehat, diet

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top