Dekor Rumah dengan Tanaman agar Suasana Lebaran Lebih Hangat

Dengan menghadirkan tanaman, suasana Lebaran di rumah akan menjadi lebih segar dan hangat.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 01 Juni 2019  |  08:09 WIB
Dekor Rumah dengan Tanaman agar Suasana Lebaran Lebih Hangat
Sedap malam bisa menjadi salah satu pilihan dalam mendekorasi rumah menjelang Lebaran. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Suasana Lebaran akan lebih menyenangkan jika hunian didesain seapik mungkin. Dalam mendesain dan menata rumah, salah satu elemen yang penting dihadirkan adalah tanaman.

Tak harus hadir dalam bentuk taman, tanaman bisa juga dihadirkan di area teras rumah ataupun di dalam rumah.

Desainer Lanskap dari Eshcol Gardening & Landscape Amalya Hasibuan mengatakan menambahkan tanaman berpot di bagian teras merupakan salah satu hal kecil yang bisa dilakukan dalam mendesain rumah agar lebih indah.

“Tanaman berpot bisa diletakkan di samping kiri dan kanan pintu masuk untuk memberi nuansa welcoming kepada tamu yang akan bersilaturahmi. Bisa juga meletakkan tanaman berpot yang lebih kecil di atas meja,” tuturnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Selain itu, tanaman juga bisa ditaruh di bagian dalam rumah, tepatnya di beberapa pojok untuk menambah kesan segar, hangat, dan nyaman.

“Tidak harus tanaman langka, bahkan bisa tanaman zaman dulu atau tanaman kampung. Tidak masalah, yang penting tamu melihat ada yang hijau-hijau,” ungkap Amalya.

Menurutnya, tanaman yang bisa digunakan untuk mewakili momen Lebaran adalah material ketupat dari daun kelapa muda. Tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai hiasan di meja ruang tamu ataupun ruang makan. Dengan hadirnya tanaman tersebut, nuansa Lebaran akan menjadi lebih kental.

Jika tidak mendapatkan daun kelapa, bisa juga dengan palem kuning dan ditambahkan dengan sedap malam supaya memberi kesan sebuah tradisi.

“Tanaman sedap malam itu mewakili masa lalu, nuansa kedaerahan, rasa Indonesia dan Lebaran. Pencampuran palem dan sedap malam bisa jadi cantik. Bisa juga dengan pandan wangi untuk menjadi elemen hiasan di meja makan, itu cocok buat Lebaran,” jelas Amalya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lebaran, Desain Interior

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top