Percantik Tanaman dalam Rumah dengan Pencahayaan yang Tepat

Kehadiran tanaman sebagai elemen wajib di rumah pada momen Lebaran merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi sebuah hunian karena dapat menyulap suasana rumah menjadi lebih hidup.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 01 Juni 2019  |  08:22 WIB
Percantik Tanaman dalam Rumah dengan Pencahayaan yang Tepat
Ilustrasi. - Istimewa

Bisnis.com,JAKARTA – Kehadiran tanaman di rumah pada momen Lebaran merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi sebuah hunian karena dapat menyulap suasana rumah menjadi lebih hidup.

Desainer Lanskap dari Eshcol Gardening & Landscape Amalya Hasibuan mengungkapkan kehadiran tanaman dapat memberikan kesegaran bagi penghuni rumah maupun tamu yang akan bertandang.

Dia menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menghadirkan tanaman di rumah. Salah satunya adalah memperhatikan pencahayaan untuk tanaman agar tetap enak dipandang.

“Momen Lebaran kan tidak hanya ramai pada pagi atau siang hari, tapi juga sampai malam hari. Oleh sebab itu, diperlukan pencahayaan yang tepat untuk tanaman,” tutur Amalya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Dia mengungkapkan setidaknya ada dua lampu yang dibutuhkan pada malam hari untuk pencahayaan tanaman. Pertama, lampu untuk estetika, yakni lampu dengan sinar berwarna kekuningan. Warna tersebut akan memberikan kesan nyaman, tenang, dan cantik.

Selain itu, ada juga lampu growing light. Lampu ini secara khusus dibutuhkan pada sisi yang gelap dan tidak memiliki jumlah sinar matahari yang cukup. Lampu tersebut memiliki warna yang beragam seperti warna pelangi, yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu (mejikuhibiniu).

“Di situ lah perlu menambah growing light yang bisa menggantikan atau mendekati fungsi sinar matahari karena memiliki banyak spektrum warna. Lampu ini biasanya warna putih seperti layaknya matahari,” papar Amalya.

Dengan pencahayaan yang tepat, tanaman-tanaman yang menjadi dekorasi saat momen Lebaran di sekitar rumah akan menambah kesan kesegaran bagi siapa saja yang menikmatinya. 

Adapun tanaman yang bisa digunakan untuk mewakili momen Lebaran adalah material ketupat dari daun kelapa muda. Tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai hiasan di meja ruang tamu ataupun ruang makan. Dengan hadirnya tanaman tersebut, nuansa Lebaran akan menjadi lebih kental.

Jika tidak mendapatkan daun kelapa, bisa juga dengan palem kuning dan ditambahkan dengan sedap malam supaya memberi kesan sebuah tradisi.

“Tanaman sedap malam itu mewakili masa lalu, nuansa kedaerahan, rasa Indonesia dan Lebaran. Pencampuran palem dan sedap malam bisa jadi cantik. Bisa juga dengan pandan wangi untuk menjadi elemen hiasan di meja makan, itu cocok buat Lebaran," ungkapnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lebaran, Desain Interior

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top