Mudik Bawa Anak Kecil, Jangan Kasih Gadget, Persiapkan Barang-barang Ini

Ketua LPA Generasi Ena Nurjanah mengatakan para orang tua sebaiknya jangan berikan mainan berupa gawai selama perjalanan mudik. Pasalnya, mainan dalam gawai akan mengurangi minat anak untuk menjelajahi apa yang bisa dilihat selama dalam perjalanan.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 01 Juni 2019  |  21:22 WIB

Bisnis.com, Madiun – Lembaga Perlindungan Anak Generasi (LPA Generasi) menyatakan kembali ke kampung juga menjadi momen tak terlupakan  bagi anak-anak,  karena mereka belajar berinteraksi secara aktif dengan lingkungan dan warga di kampung. Namun demikian, perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan seharusnya dapat diantisipasi oleh para orangtua. 

Ketua LPA Generasi Ena Nurjanah mengatakan para orang tua sebaiknya jangan berikan mainan berupa gawai selama perjalanan mudik. Pasalnya, mainan dalam gawai akan mengurangi minat anak untuk menjelajahi apa yang bisa dilihat selama dalam perjalanan.

“Akan lebih baik jika menyiapkan buku cerita, boneka, atau mainan lainnya yang praktis dan mudah dibawa,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (31/5/2019).

Ena menambahkan para orangtua harus tetap waspada dalam mengawasi anaknya. Menurutnya, berbagai bentuk kejahatan ataupun kecelakaan pada anak bisa terjadi karena pihak orangtua yang lengah terhadap anak-anaknya.

Di sisi lain, Ena menganjurkan agar pemudik mempersiapkan makanan dan minuman yang cukup bagi anak selama perjalanan. Ena mengutarakan jika tidak disiapkan, hal tersebut akan membuat anak kelelahan dan cenderung mengalami kekurangan cairan tubuh.

Mudik, ujarnya, menjadi ritual tahunan yang hampir pasti dan tidak akan pernah terlewatkan bagi masyarakat Indonesia. Ena berpendapat budaya timur yang  tak lekang oleh waktu, keterikatan kuat dengan  orangtua, keluarga, kerabat dan sanak saudara di kampung halaman menjadi hal yang utama. 

Ena menilai mudik dapat menjadi pembelajaran yang tidak diperoleh lewat bangku sekolah bagi anak-anak. “Pengalaman nyata berinteraksi dengan masyarakat dan melakoni perjalanan yang melelahkan  bersama orang-orang tercinta akan menambah pengalaman baru yang mengasyikan.”

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top