Pilihan Cara Membayar Tagihan PDAM dan Kemudahannya

Ada banyak kebutuhan rumah tangga yang harus menggunakan air bersih, mulai dari memasak, mandi, sampai mencuci segala perabotan rumah tangga yang digunakan sehari-hari.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 17 Juli 2019  |  14:12 WIB
Pilihan Cara Membayar Tagihan PDAM dan Kemudahannya
Ilustrasi - Pexels

Bisnis.com, JAKARTA -- Kebutuhan akan air bersih harus selalu terpenuhi setiap harinya. Ada banyak kebutuhan rumah tangga yang harus menggunakan air bersih, mulai dari memasak, mandi, sampai mencuci segala perabotan rumah tangga yang digunakan sehari-hari.

Coba bayangkan kalau suplai air bersih tidak lancar karena Anda telat membayar tagihan PDAM setiap bulannya.

Bisa dibilang, tagihan PDAM jadi salah satu tagihan rutin wajib, selain tagihan listrik dan telepon, yang selalu muncul setiap bulannya.

Mengabaikannya sama sekali bukan pilihan bijak karena kamu butuh semuanya. Bicara soal PDAM, Anda sudah semakin mudah untuk bayar tagihan setiap bulannya.

Perusahaan milih pemeritah setiap daerah ini sudah menjalin kerja sama untuk memudahkan masyarakat untuk menikmati jasa mereka.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dan bisa memilih semua cara-cara mudah di bawah ini!

Layanan M-Banking

Hampir semua bank yang beroperasi di Indonesia sudah bisa membantu Anda untuk membayar semua tagihan, termasuk tagihan PDAM.

Anda bisa melakukan cara konvensional dengan datang ke cabang terdekat yang mudah dijangkau lalu bayar tagihannya di teller. Bisa juga dengan mendatangi ATM dan membayarnya dengan lebih mudah.

Mau lebih mudah lagi? Anda bisa memanfaatkan layakan m-banking (mobile banking) langsung dari smartphone.

Di era digital ini, semua bank sudah meluaskan layanan mereka dengan aplikasi m-banking untuk melakukan semua transaksi perbankan.

Anda tinggal pilih menu “pembayaran” dan pilih bayar tagihan PDAM. Masukkan nomor pelanggan Anda dan akan keluar jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Terakhir, tinggal lakukan pembayaran dengan menekan PIN atau password m-banking.

Minimarket Terdekat

Tempat yang satu ini malah bisa ditemui dengan sangat mudah. Dalam radius 1 km saja, Anda bisa menemukan 2 – 3 minimarket.

Minimarket pun sekarang sudah menambahkan layanan pembayaran tagihan. Jadi, sambil mampir untuk membeli makanan atau minuman ringan, Anda bisa membayar semua tagihan di sana.

Tinggal berikan nomor pelanggan ke kasir, Anda akan diberi tahu jumlah tagihan yang harus dilunasi. Hampir semua minimarket pun menerima pembayaran dengan menggunakan kartu debit dari semua bank.

Anda pun bisa membayarnya dengan uang tunai. Simpan struk pembayaran untuk melakukan perhitungan pengeluaran bulanan, ya!

Layanan PDAM Keliling

Buat yang tinggal di perumahan atau dekat dengan kantor pemerintah pemerintah daerah, Anda bisa mendapatkan kemudahan lagi dengan layanan PDAM keliling.

Biasanya, ada mobil dari kantor PDAM yang datang ke perumahan atau kantor-kantor pemerintah daerah, seperti kelurahan dan kecamatan, yang membuka layanan pembayaran tagihan.

Cukup bawa nomor pelanggan PDAM saja yang Anda sudah bisa melakukan pembayaran dengan dibantu oleh petugas resmi.

Pembayaran Melalui Layanan Online

Sekarang sudah banyak layanan online yang memudahkan Anda untuk membayar semua tagihan bulanan rutin.

Anda bisa melakukan pembayaran dari situs atau aplikasi yang tersedia dengan gratis di smartphone dengan berbagai sistem operasi. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah di mana pun dan kapan pun.

Salah satu penyedia jasa pembayaran oniline adalah Traveloka yang punya fitur MyBills untuk membayar semua tagihan Anda, mulai dari bayar pdam, listrik, telepon, bahkan membeli voucher game.

Untuk pembayaran PDAM, Anda cukup memilih menu “Bayar Tagihan” dan pilih “Air PDAM” atau “PDAM Water”. Lalu, masukkan nomor pelanggan dan klik tombol “Bayar”.

Dengan memanfaatkan fitur MyBills dari Traveloka, Anda bisa terhindari dari repot bayar tagihan dan keterlambatan karena lupa bayar. Jadi, ancaman pemutusan layanan air bersih dari PDAM pun tidak perlu dihiraukan lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdam, Traveloka

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top