Pasar Fotografi Indonesia Dinilai Menjanjikan

Leica, merupakan salah satu merek kamera premium yang memanfaatkan peluang pasar kamera di Indonesia. Sebagian dari para fotografer memanfaatkan kamera merek ini karena kualitasnya yang mumpuni.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 18 Juli 2019  |  13:56 WIB
Pasar Fotografi Indonesia Dinilai Menjanjikan
Ilustrasi - Antara/Fajrin Raharjo

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis fotografi mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat dalam mendokumentasikan momen-momen berharga.  Kondisi itu tentunya menjadi nilai optimistis tersendiri terhadap pasar kamera.   

Merek kamera premium, Leica, merupakan salah satu yang memanfaatkan peluang tersebut. Sebagian dari para fotografer memanfaatkan kamera merek ini karena kualitasnya yang mumpuni. 

Direktur Leica Store Indonesia Bernard Suwanto mengungkapkan bahwa pasar fotografi Indonesia sangat menjanjikan karena fotografi bukanlah hal baru di negeri ini.

Menurutnya, seiring dengan teredukasinya para pengguna kamera, pasar pada akhirnya memiliki preferensi tersendiri dari kamera yang mereka gunakan dan spesifikasi yang mereka cari.

“Dari posisi Leica di pasar Indonesia, Leica merupakan merek kamera premium yang memiliki berbagai kategori produk yang disesuaikan kepada berbagai segmen fotografer,” tuturnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, semua kamera Leica menunjang aktivitas fotografi. Kamera Leica terdiri dari berbagai sistem mulai dari sistem Leica S, Leica SL, Leica M, Leica CL, Leica Compact Camera, Leica Sofort, dan Leica Q.

Adapun, kamera terbaru yang diluncurkan di Indonesia adalah Leica Q2 yang merupakan versi terbaru dari Leica Q yang diluncurkan pada 2015.

Bernard mengatakan bahwa setiap kamera baru Leica dilengkapi dengan fitur yang sesuai dengan demand dan tren industri, seperti konektivitas Wi-Fi dan Video 4k.

“Selain itu, Leica juga menghadirkan Leica Fotos, aplikasi pada smartphone untuk menunjang konektivitas kamera Leica dan smartphone,” jelasnya. 

Setiap seri kamera Leica pada dasarnya memiliki keunggulan masing-masing. Dari semua kamera Leica, salah satu keunggulan adalah lensa kameranya.

Bernard bercerita, terhitung dari 100 tahun lalu, insinyur Leica terus mengasah kemampuan dan pengalaman mereka untuk mengembangkan lensa kamera unggulan. Digabungkan dengan teknologi canggih, Leica Camera mampu menghadirkan kualitas gambar terbaik dari hasil jepretan kameranya.

Di Indonesia sendiri, segmentasi pasar yang disasar adalah posisi premium. Namun, dari segi usia dan persebaran wilayahnya sangat beragam. Ini dikarenakan luasnya kategori kamera Leica yang ada, mulai dari Leica S hingga Leica Q.

Namun dari sisi gender, pelanggan pria dan wanita sama sama memiliki minat yang tinggi pada kamera Leica.

Leica Indonesia yang dipasarkan di Plaza Senayan mengunggulkan produk kamera dan lensa. Kedua produk ini paling banyak terjual di pasar Indonesia. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fotografi

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top