Band jazz Tristan bersiap manggung di empat kota Indonesia./Istimewa
Entertainment

Tristan, Band Jazz Belanda, Siap Menggebrak 4 Kota, Catat Tanggalnya!

M. Syahran W. Lubis
Kamis, 18 Juli 2019 - 00:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Band Jazz asal Belanda, Tristan, dalam turnya bertajuk The Spice od Five, akan tampil di empat kota di Indonesia dimulai pekan depan di Semarang, Jawa Tengah.

Publik musik Jazz Semarang sangat beruntung, Tristan akan mengawali konsernya di Kota Semarang dan gratis. Erasmus Huis Jakarta menggandeng Widya Mitra bakal menggelar konser Tristan di Gedung Rajawali Cultural Center di Semarang pada Kamis 24 Juli 2019.

Setelah itu, mereka akan tampil di Jazz Gunung Bromo (Malang, Jawa Timur) pada 27 Juli, ArtJog (Yogyakarta) 30 Juli, dan Erasmus Huis (Jakarta) pada 2 Agustus.

Menurut Ketua Yayasan Widya Mitra Widjajanti Dharmowijono, biasanya setiap tahun pihaknya digandeng Kedutaan Besar Belanda melalui Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis menggelar kegiatan seni kebanyakan berupa konser musik klasik atau jazz.

“Ini memang merupakan wujud kerja sama Widya Mitra dengan Erasmus Huis. Sekarang ini Widya Mitra lebih sebagai event organizer-nya. Jadi, kalau kami menerima tawarannya, kami siapkan tempat dan juga instrumen yang diperlukan,” jelas Bu Inge, sapaan akrab, Widjajanti Dharmowijono, melalui siaran pers yang diterima Bisnis pada Rabu (17/7/2019).

Sementara itu, Koordinator Budaya Widya Mitra Satrio Seno Prakoso, mengatakan konser ini bertujuan meningkatkan apresiasi masyarakat pada musik jazz.

“Konser ini gratis, tetapi kapasitasnya terbatas, untuk yang berminat bisa mengambil tiket di Kantor Widya Mitra di Semarang,” ujar Satrio Seno.

Tristan digawangi Evelyn Kallansee (vokal), Coen Molenaar (keyboard), Guy Nikkels (gitar), Frans Vollink (bass), dan Sebastiaan Cornelissen (drum).

Tristan mengingatkan pada band-band seperti Tower of Power, Snarky Puppy, dan aksi jazz klasik seperti Incognito dan Brand New Heavies. Bagi mereka semua, ini semua tentang high-energy grooves.

Musik Tristan digambarkan sebagai ‘feel-good vintage Acid Jazz music’ berbalut energi, vibe and nuansa kekinian, sebagaimana dimainkan beberapa musisi pop/jazz terbaik dari Eropa. Paduan gitar funky, fender rhodes dengan suara synth dan sebagian ritme yang dimainkan bersamaan: semua ini masih ditambah dengan raungan merdu suara Evelyn Kallansee, sang vokalis.

“Musiknya seakan membawa kita kembali ke era 1970-an. Kualitas pengaturan dan komposisi menjadikan formasi Tristan unik. Debut album "Full Power" yang dirilis pada 2014 memicu reaksi dan tanggapan dan ulasan yang positif,” ujar Seno mengutip cultuurpodiumboerderij.nl.

Untuk album ini Tristan berkolaborasi antara lain dengan, penyanyi soul AS Heston, saksofonis Nigel Hitchcock dan pemain terompet terkenal Randy Brecker.

Kedua albumnya, "Full Power" dan sekuelnya "2nd Phase" mencapai posisi pertama di tangga lagu UK Soul karena sering disiarkan secara langsung dan diikuti juga oleh radio. "Lifestyle", album ketiga Tristan, dirilis pada musim semi 2016 juga disambut dengan baik. Dari keberhasilan ini, band asal Belanda ini melakukan tur di Jepang, Polandia, Inggris, Jerman dan Rumania.

Masih seperti yang dikisahkan cultuurpodiumboerderij.nl. Pada 2017 CD "Live in Concert" dirilis di seluruh dunia; melalui rekaman langsung dengan line-up besar.

Selanjutnya band ini meluncurkan "The Spice of Five", yang sekarang sudah menjadi album kelima Tristan. “Album yang direkam dengan konsep “5-piece core band” ini dirilis di seluruh dunia mulai 5 April 2019.

“Sebuah album yang benuansa murni, personal, energik dan penuh komposisi baru yang segar, tetapi tanpa kehilangan suara Tristan yang khas. Apalagi kelompok band ini sudah eksis selama 5 tahun,” kata Satrio Seno Prakoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro