Ilustrasi/Rkbowlby
Relationship

Nikmati Alam Setidaknya 2 Jam Dalam Seminggu Agar Hidup Lebih Sehat Mental

Tika Anggreni Purba
Jumat, 19 Juli 2019 - 12:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Orang-orang yang menikmati alam setidaknya 120 menit atau 2 jam per minggu dinilai memiliki kesehatan yang lebih baik secara fisik dan mental. Hal ini diungkap dalam penelitian dari European Centre for Environment and Human Health, University of Exeter Medical School di Inggris.

Peneliti menemukan bahwa tidak masalah bagaimana cara menikmati waktu di luar ruangan, tetapi makin besar dosis paparan alam, makin besar manfaatnya. “Banyak yang sudah menganjurkan untuk menikmati aktivitas di luar ruangan atau di alam, tetapi belum ada yang menentukan berapa banyak waktu yang cukup untuk menikmati alam,” ujar peneliti, Mathew White.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis 19.800 tanggapan pada 2014-2016 dalam survei nasional pemerintah Inggris. Survei itu menilai tentang "keterlibatan dengan lingkungan alam" dan kaitannya dengan kesehatan dan kesejahteraan.

Peserta ditanya tentang aktivitas mereka dengan alam selama minggu sebelumnya, seperti berkunjung ke taman, area alam, pantai, tanah pertanian, bukit, dan sungai.  Tetapi alam atau luar ruang tidak termasuk perjalanan rutin atau waktu yang dihabiskan di kebun sendiri.
Mereka juga ditanya tentang kesehatan dan kesejahteraan dengan pertanyaan, "bagaimana kesehatan Anda secara umum?" dan "secara keseluruhan, seberapa puaskah Anda dengan kehidupan saat ini?"

Tim White menemukan bahwa orang yang menghabiskan 2 jam di alam di minggu sebelumnya ternyata 23% lebih tinggi melaporkan soal kesejahteraannya yang baik dan 59% lebih tinggi melaporkan tentang kesehatannya yang baik, dibandingkan dengan mereka yang tidak beraktivitas di alam.

Efek positif ini terus meningkat ketika orang menghabiskan waktu lebih lama di luar ruang, yakni memuncak sekitar 3 jam per minggu untuk kesehatan dan 5 jam per minggu untuk ketenangan atau kesejahteraan.

Para peneliti menyesuaikan dengan jenis kelamin, usia, masalah kesehatan atau kecacatan, serta faktor sosial ekonomi dan tingkat polusi udara lokal, tetapi efeknya berlaku untuk semua jenis orang. Artinya, efek menikmati alam bagi kesehatan dan kesejahteraan berlaku bagi semua orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro