4 Cara Agar Stres di Kantor Tak Dibawa ke Rumah

Dunia kerja adalah dunia yang penuh tantangan dengan potensi tekanan yang sangat mungkin membuat kamu mengalami stres kerja.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 03 Agustus 2019  |  10:20 WIB
4 Cara Agar Stres di Kantor Tak Dibawa ke Rumah
Ilustrasi pekerja sibuk dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Dunia kerja adalah dunia yang penuh tantangan dengan potensi tekanan yang sangat mungkin membuat kamu mengalami stres kerja.

Terkadang seberapapun kamu cinta dengan pekerjaanmu, ada banyak sekali alasan yang mungkin menjadi penyebab stres kerja.

Dilansir pada laman jobstreet.com, stres dalam bekerja adalah hal yang wajar, akan tetapi melampiaskan keluhan kepada keluarga dan orang terdekat sepatutnya dapat diminimalisir.

Selain mempengaruhi hubungan, membagikan dampak stress kepada orang lain akan mempengangaruhi perasaan kedua belah pihak.

Baik itu faktor eksternal maupun faktor internal yang berasal dari dirimu sendiri.

Ada baiknya untuk mengetahui cara agar stres di kantor tidak menjadi oleh-oleh saat pulang, berikut caranya:

1.       Jangan langsung ke rumah

Sebelum kamu sampai ke rumah sebaiknya kamu berhenti dahulu ke tempat yang tenang dan mencoba untuk menetralkan pikiran dari segala polemik yang terjadi. Mencari sudut pandang yang berbeda akan membuatmu merasa jauh lebih baik.

2.       Bersyukur

Berdasarkan penelitian bersyukur dapat mengurangi rasa stres kamu. Sebelum pulang kantor ada baiknya kamu mereview kembali apa yang berhasil kamu kerjakan. Berikan sebuah apresiasi kepada diri sendiri agar kamu paham bahwa setiap capaian perlu untuk disyukuri.

3.       Beri Waktu

Ada saatnya kamu pulang terlambat untuk menyelesaikan masalah kantor seperti lembur. Usahakan, untuk menjadwalkan kapan kamu dapat melakukan itu dan pahami pola terbaik agar ketika lembur kamu dapat bekerja dengan efektif dan efisien sesuai gaya pribadimu.

4.       Cari Bantuan

Sebaiknya cari teman di kantor atau mentor yang dapat menjadi ruang berbagi dalam meredakan setiap masalah dan stres yang kamu hadapi. Bertegur sapa dengan orang-orang di kantor juga dapat membangun relasi secara jangka panjang, sehingga upayakan untuk mulai menyapa dan berbagi cerita untuk menemukan solusi lewat berbagai sudut pandang yang berbeda.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
stres, Tips Kerja, pekerja

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top