Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Listrik Padam, Menkes Ingatkan Rumah Sakit Wajib Punya Genset

Insiden listrik padam yang terjadi sejak Minggu (4/8/2019) hingga saat ini di beberapa wilayah di sekitaran Jakarta menyita perhatian Menteri Kesehatan, Nila F. Moelek.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 05 Agustus 2019  |  12:33 WIB
Menteri Kesehatan Nila F. Moelek saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (5/8/2019). JIBI/Bisnis - Ria Theresia Situmorang
Menteri Kesehatan Nila F. Moelek saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (5/8/2019). JIBI/Bisnis - Ria Theresia Situmorang

Bisnis.com, JAKARTA - Insiden listrik padam yang terjadi sejak Minggu (4/8/2019) hingga saat ini di beberapa wilayah di sekitaran Jakarta menyita perhatian Menteri Kesehatan, Nila F. Moelek. 

Mengomentari hal ini, Nila menyebut rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan masyarakat harus waspada terhadap kendala listrik padam yang mungkin juga terjadi tidak di wilayah sekitar Jakarta saja.

"Rumah sakit harus mempunyai genset dan ini masuk akreditasi, termasuk fasilitas," ungkapnya saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (5/8/2019).

Nila mengatakan listrik menjadi fondasi utama dalam mekanisme pengoperasian rumah sakit, sehingga penting untuk semua rumah sakit dalam berbagai tingkatan untuk memiliki genset demi menjaga keselamatan pasien.

"Kalau lagi melakukan operasi kan nggak mungkin mati lampu. Kedua, masalah penyimpanan obat-obatnya, harus dalam keadaan dingin," sebutnya.

Nila pun mengatakan ke depannya, pihak Kementerian Kesehatan juga menginisiasi adanya pengadaan genset di berbagai puskesmas untuk menjaga keselamatan masyarakat.

"Kalau rumah sakit Alhamdulillah, ini kami mau melihat bagaimana puskesmas, tapi Insyaallah tidak ada apa-apa nanti kita lihat," tabah Nila.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

listrik rumah sakit menkes
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top