Menteri Kesehatan Nila F. Moelek saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (5/8/2019). JIBI/Bisnis/Ria Theresia Situmorang
Health

Listrik Padam, Menkes Ingatkan Rumah Sakit Wajib Punya Genset

Ria Theresia Situmorang
Senin, 5 Agustus 2019 - 12:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Insiden listrik padam yang terjadi sejak Minggu (4/8/2019) hingga saat ini di beberapa wilayah di sekitaran Jakarta menyita perhatian Menteri Kesehatan, Nila F. Moelek. 

Mengomentari hal ini, Nila menyebut rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan masyarakat harus waspada terhadap kendala listrik padam yang mungkin juga terjadi tidak di wilayah sekitar Jakarta saja.

"Rumah sakit harus mempunyai genset dan ini masuk akreditasi, termasuk fasilitas," ungkapnya saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (5/8/2019).

Nila mengatakan listrik menjadi fondasi utama dalam mekanisme pengoperasian rumah sakit, sehingga penting untuk semua rumah sakit dalam berbagai tingkatan untuk memiliki genset demi menjaga keselamatan pasien.

"Kalau lagi melakukan operasi kan nggak mungkin mati lampu. Kedua, masalah penyimpanan obat-obatnya, harus dalam keadaan dingin," sebutnya.

Nila pun mengatakan ke depannya, pihak Kementerian Kesehatan juga menginisiasi adanya pengadaan genset di berbagai puskesmas untuk menjaga keselamatan masyarakat.

"Kalau rumah sakit Alhamdulillah, ini kami mau melihat bagaimana puskesmas, tapi Insyaallah tidak ada apa-apa nanti kita lihat," tabah Nila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro