Peran Penting Musik Bagi Pertumbuhan si Buah Hati

Musik menjadi eleman yang penting dan efektif dalam berbagai aspek tumbuh kembang anak, mulai dari perkembangan motorik, bahasa dan kognitif, dan sosial emosional.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 15 Agustus 2019  |  20:43 WIB
Peran Penting Musik Bagi Pertumbuhan si Buah Hati
Ilustrasi: Anak bermain gadget

Bisnis.com, JAKARTA - Psikolog sekaligus Founder Rumah Dandelion Nadya Pramesrani menjelaskan bahwa musik menjadi eleman yang penting dan efektif dalam berbagai aspek tumbuh kembang anak, mulai dari perkembangan motorik, bahasa dan kognitif, dan sosial emosional.

Dalam aspek motorik atau kemampuan menggunakan otot untuk melakukan kegiatan, Nadya mengatakan anak yang mendengarkan musik memiliki kecenderungan lebih aktif bergerak mengikuti irama musik yang didengar.

Dia mencontohkan bahwa pada masa Taman Kanak-Kanak (TK), anak bakal berlarian kesana kemari saat diperdengarkan lagu, “Itu baik untuk membantu meningkatkan pertumbuhan otot, kekuatan rubuh, dan keseimbangan yang dibutuhkan untuk beraktivitas,” katanya.

Selain itu, dia menuturkan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang secara aktif bermain dan menguasai alat musik tertentu, memiliki koordinasi motorik yang lebih baik.

Selanjutnya, dalam aspek bahasa dan kognitif. Anak yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan musik, memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik misalnya kecakapan membaca dan menulis, perkembangan intelektual, serta atensi dan konsentrasi.

Nadya meluruskan anggapan bahwa anak yang sejak kecil pintar bemain musik, tidak selalu berarti anak tersebut pintar juga secara kognitif. Akan tetapi, manfaat anak yang dilatih bermain musik sejak kecil adalah memiliki konsentrasi yang lebih baik sehingga berdampak pula terhadap proses pembelajarannya.

Lalu, dalam aspek sosial emosional, dia menuturkan anak yang terlibat dalam aktivitas musik berkelompok dapat meningkatkan kemampuan sosial yang dirangkum dalam 5C, yakni Competence (kompetensi), confidence (kepercayaan diri), caring (rasa peduli), character (pengembangan karakter), dan connection (komunikasi).

“Melalui kegiatan musikal, anak bisa mendapatkan pengalaman belajar yang lengkap mulai dari motorik, kognitif, sampai emosional. Dan lagi ini sarana yang menyenangkan juga, bisa dijadikan cara mendekatkan anak dengan orang tuanya,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
parenting

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top