Ilustrasi: Anak bermain gadget
Health

Peran Penting Musik Bagi Pertumbuhan si Buah Hati

Syaiful Millah
Kamis, 15 Agustus 2019 - 20:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Psikolog sekaligus Founder Rumah Dandelion Nadya Pramesrani menjelaskan bahwa musik menjadi eleman yang penting dan efektif dalam berbagai aspek tumbuh kembang anak, mulai dari perkembangan motorik, bahasa dan kognitif, dan sosial emosional.

Dalam aspek motorik atau kemampuan menggunakan otot untuk melakukan kegiatan, Nadya mengatakan anak yang mendengarkan musik memiliki kecenderungan lebih aktif bergerak mengikuti irama musik yang didengar.

Dia mencontohkan bahwa pada masa Taman Kanak-Kanak (TK), anak bakal berlarian kesana kemari saat diperdengarkan lagu, “Itu baik untuk membantu meningkatkan pertumbuhan otot, kekuatan rubuh, dan keseimbangan yang dibutuhkan untuk beraktivitas,” katanya.

Selain itu, dia menuturkan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang secara aktif bermain dan menguasai alat musik tertentu, memiliki koordinasi motorik yang lebih baik.

Selanjutnya, dalam aspek bahasa dan kognitif. Anak yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan musik, memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik misalnya kecakapan membaca dan menulis, perkembangan intelektual, serta atensi dan konsentrasi.

Nadya meluruskan anggapan bahwa anak yang sejak kecil pintar bemain musik, tidak selalu berarti anak tersebut pintar juga secara kognitif. Akan tetapi, manfaat anak yang dilatih bermain musik sejak kecil adalah memiliki konsentrasi yang lebih baik sehingga berdampak pula terhadap proses pembelajarannya.

Lalu, dalam aspek sosial emosional, dia menuturkan anak yang terlibat dalam aktivitas musik berkelompok dapat meningkatkan kemampuan sosial yang dirangkum dalam 5C, yakni Competence (kompetensi), confidence (kepercayaan diri), caring (rasa peduli), character (pengembangan karakter), dan connection (komunikasi).

“Melalui kegiatan musikal, anak bisa mendapatkan pengalaman belajar yang lengkap mulai dari motorik, kognitif, sampai emosional. Dan lagi ini sarana yang menyenangkan juga, bisa dijadikan cara mendekatkan anak dengan orang tuanya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro