Menumbuhkan Mental Positif Dengan 5 Langkah Sederhana

Menumbuhkan sikap dan mental yang positif memang tidak mudah, karena membutuhkan kesadaran akan pentingnya sikap positif.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 27 Agustus 2019  |  09:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Menumbuhkan sikap dan mental yang positif memang tidak mudah, karena membutuhkan kesadaran akan pentingnya sikap positif.

Banyak studi yang mengungkapkan bahwa sikap positif dapat mempengaruhi kinerja otak menjadi lebih baik. Sikap dan mental positif juga dapat menolong seseorang untuk terus merawat emosi yang sehat.

Bagaimana menumbuhkan sikap dan mental yang positif? Berikut caranya dilansir Life Hack:

1.      Yakin bahwa Anda bisa berubah
Manusia bisa berubah, termasuk berubah menjadi lebih baik. Ketika Anda ingin mengubah diri menjadi lebih positif, kembangkan pola pikir positif. Jika Anda terus memikirkan hal yang negatif, otak secara tidak langsung mengembangkan pola pikir negatif sehingga emosi Anda menjadi tidak sehat.
 
Jadi, tenangkan diri dan lepaskan mental negatif yang selama ini Anda miliki. Motivasi diri untuk memiliki kemauan menjadi lebih positif. Sikap mental positif akan membantu Anda memahami diri sendiri dan memiliki kekuatan atas masalah Anda.
 
2.      Jadikan mental positif sebagai kekuatan yang unik
Sikap mental yang positif merupakan kekuatan yang menolong Anda untuk menghadapi kehidupan dengan lebih bijaksana. Ketika Anda positif, Anda memiliki kekuatan yang tidak mudah digoyahkan oleh keadaan atau perasaan. Hal ini dengan sendirinya akan membantu Anda menonjol dan bersinar.
 
3.      Hidup untuk hari ini
Manusia hanya memiliki kendali pada masa kini, tidak pada masa lalu dan masa depan. Sikap mental yang positif akan menolong Anda untuk memahani hal ini sehingga Anda tidak berusaha untuk mengendalikan segala sesuatunya.
 
Mental yang positif akan menolong Anda untuk melihat bahwa momen hari ini atau momen saat ini adalah yang terpenting. Anda tidak harus selalu menyesali masa lalu dan khawatir akan masa depan. Jadi, hiduplah untuk hari ini dengan penuh rasa syukur.
 
4.      Latihan mencintai diri sendiri
Untuk menumbuhkan sikap positif, Anda harus belajar untuk mengasihi diri sendiri. Upaya untuk memiliki mental yang positif sebaiknya bersumber dari kepedulian terhadap diri sendiri. Anda harus merasa cukup, merasa berharga, merasa kuat, dan istimewa untuk memiliki sikap mental yang positif. Hal ini harus Anda ciptakan sendiri tanpa kepalsuan di dalamnya.
 
5.      Hindari sikap positif yang beracun
Sikap mental yang seolah terlihat positif justru bisa menjebak Anda. Sikap mental positif yang beracun misalnya Anda menolak untuk mengakui perasaan dan emosi Anda, sehingga Anda cenderung menyimpan rasa sakit, kemarahan, kesedihan, dan emosi lainnya yang harusnya Anda akui. Kesalahpahaman terbesar yang sering terjadi dalam menumbuhkan mental positif adalah Anda berasumsi bahwa seseorang hanya harus menunjukkan emosi positif sepanjang waktu. Padahal, mental positif bukan berarti harus tampil sempurna. Anda tidak perlu memakai topeng untuk kelihatan positif.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Revolusi Mental

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top