Ilustrasi/Istimewa
Relationship

6 Hal Ini Tunjukkan Anda Siap Jadi Pemimpin di Tempat Kerja

Reni Lestari
Kamis, 26 September 2019 - 19:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda pernah berkeinginan untuk melamar posisi sebagai leader atau pemimpin? Jika telah bekerja bertahun-tahun, Anda mempunyai kesempatan yang bagus untuk maju, menuju sebuah peran kepemimpinan dan mengambil lebih banyak tantangan dalam pekerjaan.

Bagaimana cara mengetahui bahwa Anda siap mengisi posisi kepemimpinan? Situs pencarian kerja JobStreet.com membagi enam tanda bahwa Anda siap menyambut tantangan itu :

1. Anda ahli dalam memberikan masukan yang membangun

Salah satu kualitas pemimpin yang baik adalah kemampuan untuk mengevaluasi seorang individu dengan objektif dan menawarkan masukan kritis tetapi membangun. Apakah Anda seringkali memberikan saran semacam itu setiap hari? Apakah para kolega menghargai dan menganggap masukan Anda berguna? Jika ya, beri penghargaan pada diri Anda.

2. Anda dapat mengambil keputusan dan tenang di bawah tekanan

Anda seringkali dipuji oleh bos dan kolega karena menghadapi tekanan dengan baik sekali. Anda juga mendapatkan pujian secara rutin mengenai kemampuan yang mengesankan dalam bersikap tenang dan dapat mengambil keputusan dalam situasi-situasi yang menekan. Apakah ini terdengar seperti diri Anda? Jika Anda dengan serius mempertimbangkan untuk melamar posisi pemimpin, kemampuan untuk tetap terkendali dan membuat keputusan yang cepat di bawah tekanan merupakan persyaratannya.

3. Anda disukai

Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, Anda perlu menginspirasi orang-orang. Hal ini berarti Anda harus disukai oleh atasan dan rekan. Jika Anda tidak dapat menyenangkan semua orang, penting bahwa orang-orang cukup menghormati Anda sehingga mau mengikuti perintah Anda bahkan jika mereka tidak mempunyai pandangan yang sama.

4. Anda percaya pada tanggung jawab

Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu menerima tanggung jawab akan orang-orang yang bekerja di bawah pengawasan Anda. Kesalahan mereka akan menjadi kesalahan Anda sebagaimana pencapaian mereka akan menjadi refleksi dari bimbingan dan arahan Anda. Melamar posisi pemimpin berarti menerima tanggung jawab untuk setiap individu yang melapor pada Anda dan memastikan bahwa mereka bekerja dan tumbuh bersama sebagai sebuah tim.

5. Anda ahlinya dalam mengatur orang

Sejalan dengan poin sebelumnya, kemampuan mengatur orang yang bagus adalah syarat wajib jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang efektif. Anda akan menerima tugas yang tidak menyenangkan untuk mengatur orang dengan kepribadian dan temperamen yang berbeda-beda sekaligus membantu mewujudkan potensi penuh mereka di dalam organisasi. Hal ini merupakan prasyarat yang berat, akan tetapi itulah yang memang harus dimiliki para pemimpin yang baik.

Menjadi seorang pemimpin tidak hanya memberikan perintah pada orang-orang. Menjadi pemimpin berarti menemukan yang terbaik dari diri orang-orang dan membimbing mereka menuju kelanjutan karir dan keunggulan profesional.

6. Anda tahu kapan harus berkata “tidak”

Sebagai seorang pemimpin, Anda akan perlu untuk memprioritaskan waktu dan kemampuan, selain membuat pilhan-pilihan sulit untuk memenuhi tujuan-tujuan perusahaan dan menjalankan proyek dengan anggaran dan agenda pelaksanaan yang ditentukan. Anda akan mempunyai banyak pekerjaan. Anda tidak akan dapat menyelesaikan pekerjaan jika terus menerus mengiyakan rekan yang meminta bantuan atau mengambil alih semua proyek yang ditugaskan pada tim. Anda harus mampu berkata “tidak” jika situasinya memaksa Anda melakukan hal tersebut.

Salah satu dari kunci dari kualitas  pemimpin yang efektif adalah efisiensi dalam mengatur beban kerja dan sumber daya. Tidak ada artinya menambah pekerjaan jika anak buah Anda selalu bekerja lembur setiap hari. Anda harus memprioritaskan kesehatan tim Anda dan melihatnya secara utuh. Sebuah tim yang bekerja berlebihan tidak akan menjadi tim yang produktif atau termotivasi.

Berapa banyak dari keenam tanda di atas yang Anda miliki? Jika Anda memenuhi empat atau lebih, hal tersebut akan menjadi tanda yang menjanjikan. Jika Anda memiliki kurang dari empat prasyarat di atas, setidaknya Anda tahu bagian mana yang harus Anda perbaiki.

Poin-poin di atas bukanlah daftar yang lengkap, melainkan beberapa sifat utama dari seorang pemimpin yang perlu diketahui jika Anda mempertimbangkan melamar posisi pemimpin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro