Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kapan Waktu yang Tepat ASI Keluar?

Air susu ibu (ASI) adalah makanan yang mengandung nutrisi sehat untuk kebutuhan bayi. Namun, apa yang harus dilakukan ibu hamil, bila ASI keluar sebelum melahirkan?
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 07 Oktober 2019  |  09:59 WIB
Air Susu Ibu. - Bisnis.com
Air Susu Ibu. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Air susu ibu (ASI) adalah makanan yang mengandung nutrisi sehat untuk kebutuhan bayi. Namun, apa yang harus dilakukan ibu hamil, bila  ASI keluar sebelum melahirkan?

Kapankah saat yang telat ASI keluar? Pada sebagian ibu hamil, air susu ibu sudah keluar saat memasuki kehamilan keenam dan ketujuh. Keluarnya ASI pada usia kandungan tersebut, bukanlah hal yang berbahaya.

Mengutip akun resmi instagram Alodokter, pada Minggu (6/10/2019), tubuh ibu hamil telah mempersiapkan produksi ASI pada usia kehamilan 14 minggu. Kendati begitu, ibu hamil disarankan untuk menjaga pola makan dan asupan nutrisi selama masa kehamilan.

Ada beberapa ibu hamil yang juga mengeluarkan ASI usai melahirkan. Mengeluarkan ASI sebelum dan setelah melahirkan, bukanlah hal suatu permasalahan.

Namun, bila ASI yang dikeluarkan mengandung darah, maka ibu hamil harus memeriksakan kondisi payudara ke dokter.

Mengandung, melahirkan dan menyusui adalah anugerah setiap perempuan. Saat masa kehamilan dan menjelang kelahiran, ibu hamil disarankan untuk tidak stress.

Hal yang dilakukan agar tidak stres, ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan yakni olahraga ringan, berbagi perasaan yang dialami kepada pasangan dan orang-orang terdekat dan istirahat yang cukup.

Pencegahan stres tersebut juga dapat dilakukan saat menyusui. Untuk memproduksi ASI yang banyak, maka ibu menyusui disarankan untuk tak stres selama masa menyusui. Sebab, kondisi stres dan juga asupan makanan ibu sangat mempengaruhi kualitas dan volume produksi ASI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air susu ibu
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top