Kepala Subdirektorat Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi Kementerian Kesehatan Theresia Sandra Diah Ratih di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (14/10/2019). JIBI/Bisnis/Ria Theresia
Health

Orangtua Perokok Cenderung Punya Anak Stunting

Ria Theresia Situmorang
Senin, 14 Oktober 2019 - 12:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Subdirektorat Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi Kementerian Kesehatan Theresia Sandra Diah Ratih menyebut kebiasaan merokok merupakan faktor risiko utama penyakit tidak menular yang berpotensi mematikan. 

Ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (14/10/2019), Theresia Sandra menyebut rokok merupakan penyebab enam penyakit mematikan seperti jantung iskemik, stroke, hipertensi, tuberkolosis, diabetes dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). 

"Bukan hanya laki-laki saja, tren ibu-ibu sosialita merokok dan terus meningkat. Hal ini yang harus diwaspadai," ujarnya. 

Hasil penelitian dari Lembaga Demografi Universitas Indonesia pada tahun 2017 yang menerangkan fakta bahwa orangtua perokok risiko malnutrisi akut dan kronik pada anaknya. 

"Anak-anak yang stunting sebagian besar karena orangtuanya perokok dan miskin. Penelitian menyebut saat krisis moneter beberapa tahun silam, biaya makanan seperti beras menurun tapi rokok tetap. Jadi orangtua mengorbankan biaya makannya untuk rokok," jelas Theresia. 

Dalam Indeks Pembangunan Masyarakat  (IPM) 2018,  rata-rata 1/3 orang pengidap penyakit tidak menular yang kebanyakan disebabkan oleh rokok tahu kalau dirinya mengidap penyakit mematikan. 

"Kebijakan pemerintah adalah dengan mengeluarkan Inpres No. 1 tahun 2017 Germas Sehat dengan fokus meningkatkan aktivitas fisik, perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, pencegahan dan deteksi dini penyakit, deteksi dini standar minimal penyakit tifak menular. Dan pengadaan lokasi kawasan tanpa rokok," tutupnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro