Pangeran William dan Kate  Middleton dari Inggris, Duchess of Cambridge, mengunjungi sebuah desa di Distrik Chitral di Provinsi Khyber-Pakhtunkhwa di Pakistan, 16 Oktober 2019./Reuters
Entertainment

Pangeran William dan Kate Pantau Dampak Perubahan Iklim di Gletser Pakistan

Reni Lestari
Kamis, 17 Oktober 2019 - 08:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pangeran William dan istrinya Kate Middleton mengunjungi gletser yang mencair di pegunungan Hindu Kush, tidak jauh dari perbatasan Pakistan dengan Afghanistan. Pasangan ini menyaksikan secara langsung dampak perubahan iklim yang menjadi misi perjalanan mereka kali ini.

Keduanya terbang dengan helikopter ke ujung utara gletser Chiatibo, di mana seorang ahli perubahan iklim menjelaskan bagaimana itu bisa terjadi.

Situs tersebut merupakan salah satu dari sekitar 7.000 dari 7.200 gletser Pakistan yang menurut para pejabat meteorologi menunjukkan tanda-tanda mencair, dengan mengutip data yang dikumpulkan selama 50 tahun terakhir.

Sebelumnya, bangsawan bergelar Duke dan Duchess of Cambridge itu telah tiba di bandara di Chitral dan diberi topi gunung berbulu tradisional, mirip dengan yang dianugerahkan kepada ibu William, Putri Diana selama kunjungannya ke daerah itu pada 1991. Mereka juga diberikan album foto Diana selama kunjungannya.

William menyoroti kunjungan ke gletser dan tantangan perubahan iklim, tema utama perjalanan lima hari mereka, dalam pidato malam sebelumnya di resepsi yang diselenggarakan oleh Komisi Tinggi Inggris di monumen nasional Pakistan di ibukota, Islamabad.

Gletser utara Pakistan dan gletser di seluruh wilayah Hindu Kush dan Himalaya, adalah cadangan air yang penting bagi 250 juta orang, dan 1,6 miliar lainnya bergantung pada sungai-sungai yang berasal dari pegunungan, menempatkan banyak masyarakat dalam risiko ketika suhu global naik.

"Ini bisa menyebabkan hilangnya lebih dari sepertiga dari gletser vital ini dalam waktu kurang dari satu abad, dengan dampak besar tidak hanya pada ketersediaan air, tetapi pada pertanian dan pembangkit tenaga air," kata William dalam pidatonya, dilansir Reuters, Kamis (17/10/2019).

Dia berharap kunjungan ke Chitral akan membantunya lebih memahami tantangan yang dihadapi warga secara langsung.

"Saya berharap untuk belajar apa lagi yang bisa kita semua lakukan untuk membantu mencegah dan mengurangi bencana global yang akan datang ini," ujarnya.

Kate dan William kemudian mengamati kerusakan dan latihan tanggap darurat di sebuah desa di Chitral yang dilanda banjir akibat pencairan gletser.

Kunjungan mereka juga memukau orang-orang di permukiman Kalash, sebuah kelompok kecil asli yang tinggal di wilayah Chitral di mana mereka bertemu dengan orang-orang muda dan mengenakan syal dan hiasan kepala lokal yang berwarna-warni sembari disuguhi nyanyian dan tarian.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro