Kiat Tetap Produktif di Hari yang Buruk

Semua orang pernah melewati hari yang buruk dalam hidupnya. Apakah itu karena patah hati, stres karena pekerjaan atau juga karena tengah ditimpa masalah.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 14 November 2019  |  11:27 WIB
Kiat Tetap Produktif di Hari yang Buruk
Ilustrasi - Yellowbrickroad

Bisnis.com, JAKARTA - Semua orang pernah melewati hari yang buruk dalam hidupnya. Apakah itu karena patah hati, stres karena pekerjaan atau juga karena tengah ditimpa masalah.

Permasalahan ini, bisa membuat orang malas untuk melakukan apapun. Umumnya kita lebih suka berdiam diri atau menenangkan diri ketika mengalami hari buruk.

Kondisi ini, bisa membuat pekerjaan Anda terbengkalai, atau hari Anda menjadi tidak produktif. Karena itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat Anda tetap produktif meskipun tengah mengalami hari yang buruk seperti di bawah ini :

Ambil napas

Setelah argumen dramatis atau mengalami pengalaman negatif, perlu beberapa menit untuk mengambil napas dalam-dalam. Napas dalam memiliki efek menenangkan, memperlambat detak jantung Anda, yang memperlambat tekanan darah Anda, memungkinkan Anda berada dalam keadaan emosi yang lebih tenang dan kondusif. Ini akan mengembalikan metabolisme Anda ke tingkat normal, yang merupakan awal yang baik.

Lakukan apa yang Anda sukai.

Lakukan  hal-hal yang disukai ketika Anda mengalami hari yang buruk. Itu bisa berupa nendengarkan lagu atau permainan di ponsel Anda. Buat beberapa menit untuk melakukan hal yang Anda sukai ini.  Melakukan sesuatu yang Anda sukai dapat mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal yang mengganggu Anda untuk mengalihkan fokus Anda pada hal-hal yang lebih positif.

Rencanakan pekerjaan Anda

Meskipun di sana-sini, keadaan yang tidak menguntungkan mungkin muncul di kepala Anda, ini normal. Namun, buat catatan mental bahwa Anda akan memperhatikan pikiran itu nanti. Dalam keadaan yang lebih tenang, jauh lebih mudah untuk bernegosiasi dengan pikiran kita tentang apa yang menjadi fokus. Anda mungkin sudah merencanakan pekerjaan Anda pada malam sebelumnya atau di pagi hari, tetapi ini mungkin terjadi ketika masalah belum muncul, karena itu mungkin perlu menyesuaikan. Penting untuk memilih tugas-tugas paling penting yang harus dilakukan hari itu. Semua yang lain bisa menunggu hari lain ketika Anda merasa lebih baik secara emosional. Pecah tugas-tugas ini menjadi tindakan kecil yang mudah dilakukan sehingga tidak terlihat membingungkan.

Hindari komunikasi

Kecuali jika perlu, cobalah menjauh dari ponsel Anda. Ini karena hal itu dapat mengalihkan perhatian Anda dan terkadang membuat Anda kembali ke situasi yang sedang Anda coba mengalihkan perhatian Anda. Ladang Anda hanya ingin berbicara dengan seseorang tentang apa yang baru saja terjadi atau apa yang sedang terjadi sehingga Anda bisa merasa lebih baik, tetapi kadang-kadang percakapan bisa berlangsung berjam-jam mengalahkan seluruh tujuan Anda menjadi produktif.

Minimalkan komunikasi Anda hanya untuk apa yang diperlukan, dengan cara itu, Anda juga meminimalkan bereaksi terhadap cara yang salah terhadap pesan. Selain itu, hindari media sosial, itu bisa membuat Anda merasa hidup Anda benar-benar menyebalkan tetapi tidak ada yang benar-benar memposting hari yang buruk, jadi lindungi pikiran Anda saat rapuh.

Dengarkan sesuatu yang membangkitkan semangat

Musik memiliki kekuatan ini untuk meningkatkan getaran Anda saat Anda rendah dan terkadang memiliki daftar putar yang baik di latar belakang dapat membantu Anda merasa lebih baik. Jika Anda berada di ruang kantor bersama, Anda dapat mencolokkan earphone Anda dan mendengarkan beberapa macet. Pastikan Anda memiliki volume yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan rekan kerja lainnya jika Anda mengerjakan tugas yang membutuhkan interaksi. Memasukkan satu earphone mungkin juga lebih sopan terhadap yang lain. Memutar musik saat Anda bekerja juga akan berfungsi untuk tugas-tugas yang tidak memerlukan semua perhatian Anda.

Tetap terhidrasi

Dehidrasi adalah kondisi terburuk yang dapat Anda tambahkan ke suasana hati yang buruk. Tetap terhidrasi memberi energi pada Anda dan membantu Anda merasa segar, yang juga akan membantu mengangkat suasana hati Anda.
Jangan ketinggalan makan.

Sama seperti dehidrasi dapat membuat Anda merasa lebih buruk tentang situasi Anda, perut kosong akan membuat Anda lebih mudah marah. Manjakan diri Anda dengan sarapan atau makan siang yang enak dan jaga diri Anda tetap sehat. Makanan juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan suasana hati Anda. Aroma makanan juga bersifat terapi.

Hadiah kemenangan kecil

Setelah menyelesaikan tugas besar atau bagian dari laporan. Manjakan diri Anda dengan sesuatu yang menyenangkan seperti sepotong permen atau apa pun yang membuat Anda merasa bahagia. Ini adalah cara memotivasi diri Anda untuk terus maju dan jika Anda produktif di hari yang buruk; Anda layak mendapat hadiah.

Lakukan berbagai hal sesuai keinginan Anda

Ingatlah bahwa Anda bukan diri normal Anda, jadi berbaik hatilah pada diri sendiri. Lakukan apa yang Anda bisa saat Anda bisa.  Jadi masuk akal untuk mengatakan bahwa Anda sedang tidak enak badan dan Anda tidak perlu menjelaskan diri sendiri. Hanya saja, jangan dramatis tentang hal itu.

Ubah lingkungan Anda

Dalam pengaturan kerja yang fleksibel, Anda juga dapat mempertimbangkan bekerja dari tempat yang berbeda seperti taman atau tempat kopi favorit Anda. Ini dapat membuat perbedaan besar dalam suasana hati Anda. Jika Anda tidak berada dalam lingkungan kerja yang fleksibel, beberapa penyesuaian seperti memindahkan kursi Anda lebih dekat ke jendela atau tempat yang cerah dapat membantu menyesuaikan kembali fokus Anda. Bahkan penataan ulang meja kecil bisa membuat perbedaan besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tips bahagia

Sumber : psychology today

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top