Ilustrasi-Pianis muda Nitya Primantari/JIBI-Peni Widarti
Entertainment

Anda Lebih Cepat Belajar Musik dari Orang Lain? Ini Sebabnya

Reni Lestari
Selasa, 26 November 2019 - 13:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda termasuk orang yang lebih cepat mahir dalam belajar musik atau misalnya piano dibandingkan dengan orang lain, atau sebaliknya? Penelitian berikut bisa menjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi.

Sebuah penelitian di Universitas Negeri Michigan menunjukkan bahwa kecerdasan memainkan peran dalam tahap awal belajar bermain piano.

Diterbitkan dalam jurnal Intelligence, studi ini mungkin yang pertama menguji hubungan antara kecerdasan, bakat musik, dan pola pikir pertumbuhan pada pianis pemula. Growth mindset mengacu pada apakah siswa percaya mereka dapat meningkatkan kemampuan dasar, seperti kemampuan bermain piano.

"Faktor terkuat perolehan keterampilan adalah kecerdasan, diikuti oleh bakat musik. Sebaliknya, korelasi antara perkembangan pola pikir dan kemampuan bermain piano hampir mendekati nol," kata Alexander Burgoyne, seorang kandidat doktor dalam bidang kognitif dan ilmu saraf kognitif, dilansir Science Daily, Selasa (26/11/2019).

Dalam studi tersebut, 161 mahasiswa diajarkan cara memainkan lagu "Selamat Ulang Tahun" menggunakan piano dengan bantuan panduan video. Setelah latihan, para siswa membawakan lagu 25-not beberapa kali. Tiga mahasiswa pascasarjana MSU menilai pertunjukan berdasarkan akurasi melodi dan ritmis mereka.

Ada perbedaan mencolok dalam lintasan akuisisi keterampilan mahasiswa. Beberapa belajar dengan cepat, mendapatkan nilai sempurna dalam waktu enam menit latihan. Yang lain berkinerja buruk pada awalnya tetapi kemudian membaik secara substansial. Sebagai perbandingan, beberapa tampaknya memudar seolah-olah mereka kehilangan motivasi dan yang lain tidak pernah berhasil, berkinerja buruk selama penelitian.

Jadi mengapa beberapa mahasiswa gagal sementara yang lain berhasil?

Untuk mengetahuinya, para peneliti memberi mahasiswa tes kemampuan kognitif yang mengukur hal-hal seperti keterampilan pemecahan masalah dan kecepatan pemrosesan, dan tes bakat musik yang diukur, misalnya, kemampuan untuk membedakan antara ritme yang sama. Mereka juga mengamati pola pikir pertumbuhan mereka.

"Hasilnya mengejutkan, karena orang telah mengklaim bahwa pola pikir memainkan peran penting ketika siswa dihadapkan dengan tantangan, seperti mencoba mempelajari alat musik baru. Namun, itu tidak memprediksi perolehan keterampilan," kata Burgoyne.

Studi ini memeriksa salah satu tahap paling awal dari perolehan keterampilan. Pengalaman awal bisa menjadi formatif, tetapi peneliti berhati-hati untuk tidak menarik kesimpulan tentang musisi yang terampil berdasarkan studi kami tentang pemula. Namun, jika diterapkan secara umum, temuan penelitian ini dapat membantu dalam pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro