Ilustrasi Diabetes Melitus/Istimewa
Health

Tips Empat Pilar Manajemen Untuk Meminimalisir Diabetes

Akbar Evandio
Rabu, 11 Desember 2019 - 04:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menyandang diabetes bukan berarti tidak dapat menjalankan hidup yang lebih baik dan berkualitas.

Dengan menjalankan 4 pilar manajemen diabetes dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat (terapi nutrisi dan aktivitas fisik) bersamaan dengan minum obat sesuai anjuran dokter dan edukasi, diabetesi dapat mengontrol gula darahnya dengan baik dan terhindar dari risiko komplikasi akibat diabetes.

Adapun mengatur pola makan, aktivitas fisik, rutin minum obat sesuai anjuran dokter dan edukasi adalah kunci untuk mempermudah pengobatan Diabetes.

Penyandang diabetes sering menganggap bahwa pemberian obat dan insulin sesuai anjuran dokter merupakan hal pertama yang harus dilakukan dalam manajemen diabetes.

Padahal, menurut Konsensus Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), manajemen diabetes dianjurkan dimulai dari memodifikasi gaya hidup yaitu dengan pengaturan pola makan dan aktivitas fisik.

“Perubahan gaya hidup, seperti mengatur pola makan, aktivitas fisik, dan mengontrol berat badan akan membantu kinerja obat yang dikonsumsi sehingga lebih maksimal untuk mengelola kadar gula darah,” papar dokter spesialis gizi klinik di RSCM dokter Fiastuti Witjaksono

Percuma saja jika penyandang diabetes hanya mengandalkan obat-obatan, tanpa memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Tentunya tidak sembarang dalam menjalankan pola makan untuk diabetes. Di mana, penderita juga perlu memilih pola makan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat baik yang memiliki indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin dan mineral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro