Ilustrasi/Testube
Relationship

Cara Agar Lebih Bahagia di Tahun Baru 2020

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 27 Desember 2019 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebahagiaan adalah emosi, dan salah satu yang lebih ambigu, menyulitkan atau bahkan mustahil mewujudkannya hanya karena kita menginginkannya.

Meskipun ada hambatan besar yang dihadapi orang-orang yang ingin lebih bahagia, banyak dari kita yang mengejarnya dengan penuh semangat. Kesenjangan antara keinginan untuk kebahagiaan yang lebih besar dan penemuannya telah menyebabkan banyak frustrasi dan kekhawatiran selama bertahun-tahun.

Munculnya gerakan kebahagiaan yang didukung oleh "psikologi positif" merupakan upaya paling langsung  untuk memungkinkan orang menjadi lebih bahagia.

Namun, temuan dari banyaknya penelitian mengungkap kebenaran mendasar tentang kebahagiaan dan sumber-sumbernya. Jadi, inilah beberapa hal yang harus dilakukan agar lebih bahagia di tahun baru 2020 :

Tetap positif

Optimisme, dengan menonjolkan yang positif dan menghilangkan yang negatif, selalu sangat berkorelasi dengan tingkat kebahagiaan yang tinggi. Sangat penting untuk mempertahankan aturan hidup yang paling mendasar yakni hidup itu layak untuk dijalani.

Temukan tujuan

Alasan yang baik untuk bangun di pagi hari adalah menjadi orang yang bahagia. Memiliki arah, menetapkan dan mencapai tujuan, dan bangga dengan prestasi semua terjalin ke dalam jalinan kebahagiaan.

Berada di masa sekarang

Hidup semaksimal mungkin pada saat ini, daripada memikirkan masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan, adalah prinsip utama kebahagiaan. Hari ini jauh lebih berharga daripada kemarin atau besok, membuat mereka yang hidup di masa sekarang jauh lebih bahagia daripada mereka yang berpikir tentang apa yang mungkin terjadi atau apa yang mungkin terjadi.

Hadapi kenyataan

Menghadapi kenyataan dan menjalani hidup apa adanya cenderung dilakukan oleh orang-orang yang bahagia. Selain itu, menerima kebenaran bahwa ketidakbahagiaan adalah bagian penting dari kehidupan,  salah satu kunci menuju kebahagiaan.

Hargai apa yang Anda miliki

Bersenang-senang dan bersyukur atas apa yang dimiliki tanpa iri dengan orang lain. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah hal buruk yang pernah dilakukan seseorang.

Rendah hati

Menyadari sepenuhnya keterbatasan Anda, adalah cara utama untuk merasa benar-benar baik tentang diri Anda. Orang-orang paling bahagia di Bumi juga merupakan yang paling sederhana, sesuatu yang mungkin diingat oleh beberapa pemimpin dunia.

Menebar Kebaikan

Menebarkan kebahagiaan akan menciptakan kebahagiaan untuk pribadi seseorang. Karena berbagi juga memberikan kebahagiaan untuk si pemberi. Bantu teman, keluarga, dan orang asing benar-benar telah terbukti sebagai formula kemenangan kebahagiaan pribadi. Memberi adalah pengalaman yang lebih bermanfaat daripada menerima, kearifan rakyat yang didukung oleh penelitian demi penelitian.

Bersabar

Kesadaran akan perubahan waktu dan ketidaksempurnaan dalam diri kita semua berfungsi sebagai alat yang berharga dalam mencapai kebahagiaan. Hidup adalah tentang cara daripada tujuan, sesuatu yang cenderung kita lupakan saat kita berlarian untuk menyelesaikan sesuatu.

Tetap penasaran

Memandang kehidupan sebagai kesempatan tanpa akhir untuk belajar dan mengalami hal-hal adalah jalan luar biasa menuju kebahagiaan.

Tetap percaya

Bagi banyak orang, percaya akan menimbulkan kebahagiaan, karena dia menjadi lebih positif dan optimistis.

Sebarkan cinta

Mengisi hidup seseorang dengan sebanyak mungkin cinta adalah jalan utama menuju kebahagiaan. Pada akhirnya, cinta yang Anda ambil setara dengan cinta yang Anda buat, kata-kata bijak yang seharusnya menuntun kita ke tahun depan - dan seterusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro