Ilustrasi karyawan dan pimpinan berdikusi di kantor./Istimewa
Relationship

Ini 5 Kebiasaan Buruk di Kantor yang Wajib Dihindari

Dika Irawan
Kamis, 16 Januari 2020 - 21:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mungkin kita tidak sadar, sikap ketika bekerja sebenarnya diam-diam dinilai oleh rekan kerja dan bahkan atasan kita. Penilaian tersebut bahkan tidak jarang pula jadi pertimbangan atasan ketika saatnya evaluasi performance.

Namun, ada beberapa sikap dan tindakan kurang baik yang tanpa disadari sering kita lakukan, sehingga menjadi kebiasaan buruk.

Seperti dikutip dari JobStreet.com, ada lima kebiasaan buruk di kantor yang harus dihindari jika tidak ingin dicap jelek oleh rekan kerja dan atasan.

  1. Berisik

Inilah yang buat orang terganggu, ketawa-ketawa atau ngobrol lama banget, sampai akhirnya lupa waktu dan tidak mengerjakan tugasnya. Tanpa sadar suara kamu dapat mengganggu konsentrasi orang lain.

Kamu boleh ngobrol atau bercanda, tapi coba tempatkan pada waktu yang benar misalnya ketika jam istirahat. Ngobrol boleh tapi harus tahu batasnya. Jangan menunggu sampai ditegur oleh atasan karena kamu sudah bekerja bukan masih sekolah yang harus terus-terusan ditegur.

  1. Tidak tepat waktu

Waktu itu sangat berharga, keseringan menyia-nyiakan waktu dapat membuat kerjamu menjadi tidak produktif. Sering datang telat saat masuk kantor atau telat sehabis istirahat membuat kamu dilihat sebagai orang yang malas dan tidak menghargai waktu.

  1. Melakukan hal pribadi saat jam kerja

Belanja online, stalking teman di media sosial, atau main game, jelas membuat pekerjaan kamu terhambat. Kebiasaan buruk ini sebaiknya kamu tinggalkan. Hal ini dapat memberikan pandangan negatif dari teman-teman kantor kamu, apalagi kalau ketahuan atasan.

  1. Terlalu negatif

Tanda-tanda terlalu negatif adalah ketika kamu selalu pesimis dan tidak bersemangat atas apa yang kamu atau orang lain lakukan. Kamu selalu merasa bahwa kamu tidak akan pernah berhasil. Kamu juga selalu merendahkan pandangan orang lain, selalu memikirkan hal yang buruk, dan tidak pernah melihat hal yang baik.

  1. Suka mengambil barang milik orang lain

Ketika meminjam barang orang lain, jangan lupa untuk selalu minta izin dan mengembalikannya. Barang tersebut ada, karena pemiliknya memerlukannya. Pemilik barang yang kamu pinjam terus-terusan lama kelamaan akan merasa terganggu.

Sama halnya dengan makanan, jika selalu merasa lapar di kantor, pastikan kamu menyediakan makanan ringan. Jangan sampai ketika kelaparan, kamu memakan semua makanan ringan milik temanmu, yang mungkin menyiapkan stok untuk dirinya sendiri kalau kelaparan dan tidak enak menolak permintaanmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro