Imuwan menemukan strain baru corona virus dalam kejadian wabah pneumonia di Wuhan, China./Reuters
Health

RSPI Sulianti Saroso Siap Tangani Pasien Terjangkit Virus Corona

Newswire
Sabtu, 25 Januari 2020 - 07:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta, menyatakan siap menangani pasien jika ada kasus terjangkit virus corona.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Medik dan Perawatan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta, Dr Diany Kusumawardhani.

"RSPI Sulianti Saroso adalah satu rujukan penyakit infeksi," kata dia di Jakarta, seperti dikutip Antara.

Rumah sakit tersebut, kata dia, juga menjadi pusat kajian infeksi. Oleh karena itu, harus selalu siap menerima rujukan penanganan penyakit infeksi, termasuk penyakit infeksi baru itu.

Kesiapan tersebut juga didukung sumber daya manusia atau dokter spesialis infeksi, termasuk pula fasilitas kesehatan berupa ruang isolasi.

"Yang dimiliki RSPI yaitu isolasi khusus ketat atau isolasi yang lainnya, termasuk fasilitas laboratorium dan radiologi untuk menunjang diagnostik pasien terinfeksi," ujar dia.

Terkait dengan mekanisme apabila ada rujukan ke rumah sakit tersebut, sebenarnya sama dengan kasus lain atau juga bisa menggunakan website WhatsApp (WA).

"Intinya kalau memenuhi kriteria penyakit tersebut maka pasien bisa dirujuk ke tempat kami dari mana pun," katanya.

Ia menjelaskan satu kamar ruang isolasi hanya ada satu tempat tidur dengan tekanan negatif yang berarti antara ruang satu dengan lainnya tidak ada aliran udara keluar. sehingga memutus kemungkinan kuman keluar dari dalam kamar pasien.

Petugas yang menangani pasien tersebut akan menggunakan alat pelindung diri atau alat yang lengkap untuk menghindari terjadinya penularan melalui petugas.

Sejauh ini, ia mengaku RSPI Sulianti Saroso belum mendapatkan kasus yang positif virus corona.

Namun, satu pasien sudah menjadi "suspect" tetapi kondisinya masih stabil dan tidak ada perburukan.

"Belum dinyatakan sebagai virus corona," ujar dia.

Ahli Penyakit Tropik dan Infeksi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Erni Juwita Nelwan mengatakan pasien di RSPI yang diduga terserang virus corona sebaiknya memang harus diisolasi untuk mewaspadai penularan.

"Kalau memang betul dia baru pulang dari Wuhan harus tetap dijadikan tersangka, isolasi pokoknya prinsipnya seperti itu," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro