Era Baru Penyanyi Muda Unik Kuasai Panggung Grammy

Musik nyentrik dari para penyanyi muda unik dan berbakat muncul menjadi pesaing utama dalam perebutan piala Grammy Awards yang berlangsung pada Minggu (26/1/2020) di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 25 Januari 2020  |  06:45 WIB
Era Baru Penyanyi Muda Unik Kuasai Panggung Grammy
Grammy Awards 2018 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Musik nyentrik dari para penyanyi muda unik dan berbakat muncul menjadi pesaing utama dalam perebutan piala Grammy Awards yang berlangsung pada Minggu (26/1/2020) di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat.

Kehadiran mereka dinilai telah memadukan skema musik tradisional dengan gaya mencolok yang mampu diterima publik.

Terbukti, sejumlah artis muda seperti Lil Nas X dan Billie Eilish sukses memimpin nominasi untuk penghargaan tertinggi, menyaingi bintang-bintang mapan seperti Taylor Swift, Ed Sheeran, dan Bruce Springsteen.

Musik rap dan R&B  muncul sebagai genre yang mendominasi industri musik AS sejak 2017. Namun, pada tahun ini, dominasi itu perlahan pudar seiring kehadiran penyanyi pendatang.

Billie Eilish (18), semisal, mempunyai hit Bad Guy dan All the Good Girls Go to Hell yang membawanya meniti satu per satu tangga popularitas. Hasilnya, dia memiliki enam nominasi Grammy untuk album, rekaman, dan lagu terbaik pada tahun ini, serta penampilan artis baru dan pop solo terbaik.

Melinda Newman, Editor Eksekutif Billboard untuk Pantai Barat Amerika Serikat dan Nashville, mengatakan bahwa Eilish menghadirkan nuansa musik yang unik kepada khalayak.

“Dia merentang alternatif, dia merentang rock, dia merentang pop dan merentang alt-pop. Dia jatuh di suatu tempat dalam genre aneh yang tak dapat didefinisikan sehingga membawa banyak elemen berbeda,” ujar Newman, dikutip dari Reuters.

Sementara itu, Lil Nas X (20) mendapatkan enam nominasi. Dia bahkan memecahkan rekor Billboard pada tahun lalu dengan lagu rap berjudul Old Town Road, hasil kolaborasi dengan Billy Ray Cyrus.

"Grammy jelas telah bekerja menjadi lebih beragam dan inklusif dalam segala hal, termasuk badan pemilih, dan saya pikir Anda melihat bahwa daftar nominasi lebih beragam tahun ini," kata Newman.

Adapun, pemenang Grammy 10 kali Taylor Swift tidak masuk dalam daftar nominasi album terbaik meski pada tahun lalu meluncurkan album pop terlarisnya, Lover. Sementara The Jonas Brothers hanya mendapat satu nominasi, sedangkan Springsteen dan Madonna tidak mendapatkan sama sekali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
grammy award

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top