Ini Cara Tingkatkan Kualitas Sperma

Makanan yang dikonsumsi akan menentukan kualitas sperma. Bagi pasangan yang berencana hamil dalam waktu dekat, maka calon ayah harus memiliki sperma berkualitas dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 17 Februari 2020  |  12:53 WIB
Ini Cara Tingkatkan Kualitas Sperma
Ilustrasi sperma - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kehamilan menjadi salah satu hal yang ditunggu para pengantin baru. Biasanya, sebagian pasangan akan melakukan apapun untuk mendapatkan sang buah hati.

Di Indonesia yang  memiliki sistem keturunan patriaki, kesehatan calon ibu adalah pusat perhatian keluarga untuk memperoleh kehamilan. Namun, perlu diingat kesehatan reproduksi calon ayah juga berperan sangat penting.

Untuk mempercepat proses terjadinya kehamilan, sperma calon ayah harus sehat. Dokter spesialis kandungan RSPI Puri Indah, Thomas  mengatakan agar mendapatkan sperma yang prima, calon ayah harus mengurangi konsumsi lemak jenuh.

"Konsumsi lemak jenuh seperti daging yang diproses atau berlemak, berhubungan dengan penurunan kualitas dari bentuk dan gerakan sperma," katanya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (17/2/2020). 

Oleh karena itu, calon ayah disarankan melakulan diet lemak jenuh dan menggantinya dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang dapat menjaga fungsi sperma agar optimal. Pasalnya, buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan dan asam folat yang tinggi. 

Berikutnya, calon ayah perlu mengonsumsi vitamin C, vitamin D, vitamin E, selain asam folat dan antioksidan lainnya karena diyakini dapat memperbaiki konsentrasi sperma, gerakan, dan menurunkan kerusakan DNA, serta meningkatkan angka kehamilan. 

Batasi minuman beralkohol juga dianggap penting. Sebab, alkohol dapat menggangu fungsi sperma dan menggangu profil hormon pada laki-laki. "Konsumsi kopi lebih dari 5 gelas per hari dapat meningkatkan kerusakan DNA pada sperma," tukas Thomas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan, hamil, sperma

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top