Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ashraf Sinclair Meninggal, Penyakit Kardiovaskular Penyebab Kematian Nomor 1 di Dunia

Ashraf Sinclair, suami aktris sekaligus penyanyi Bunga Citra Lestari, dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 18 Februari 2020  |  07:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Ashraf Sinclair, suami aktris sekaligus penyanyi Bunga Citra Lestari, dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengungkapkan serangan jantung dan stroke memiliki porsi sebesar 85% dari semua kematian akibat penyakit kardiovaskular (Cardiovascular/CVD)

Dalam laman WHO, penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian nomor 1 secara global, dengan perkiraan 17,9 juta orang meninggal setiap tahunnya.

Penyakit kardiovaskular adalah sekelompok gangguan jantung dan pembuluh darah, dan termasuk penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskular, penyakit jantung rematik dan kondisi lainnya. 

"4 dari 5 kematian penderita penyakit kardiovaskular disebabkan oleh serangan jantung, dan sepertiga dari kematian ini terjadi secara prematur pada orang di bawah 70 tahun," demikian tertulis dalam laman WHO yang dilihat Bisnis pada Senin (18/2/2020).

Serangan jantung dan stroke biasanya merupakan peristiwa akut dan terutama disebabkan oleh penyumbatan yang mencegah darah mengalir ke jantung atau otak. 

Alasan paling umum untuk ini adalah penumpukan timbunan lemak di dinding bagian dalam pembuluh darah yang memasok jantung atau otak. 

Stroke juga dapat disebabkan oleh pendarahan dari pembuluh darah di otak atau dari pembekuan darah. 

Penyebab serangan jantung dan stroke biasanya adalah adanya kombinasi faktor-faktor risiko, seperti penggunaan tembakau, pola makan yang tidak sehat dan obesitas, aktivitas fisik yang kurang dan penggunaan alkohol, hipertensi, diabetes, dan hiperlipidemia yang berbahaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit kardiovaskular Bunga Citra Lestari Ashraf Sinclair
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top