Ilustrasi
Health

Hindari Penculikan, Orang Tua Pakai GPS untuk Keamanan Anak

Krizia Putri Kinanti
Senin, 24 Februari 2020 - 14:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Maraknya kasus penculikan anak membuat orang tua khawatir dan mencari cara melindungi anak dari aksi kejahatan tersebut. Mau tak mau, orang tua harus merogoh kocek yang lebih tinggi untuk peningkatan keamanan.

Pengamanan paling dasar yang dilakukan orang tua adalah menasihati anak, agar tidak menerima permen dan mainan yang diberikan oleh orang yang tak dikenal. Namun, bila anak takluk terhadap rayuan, maka hal tersebut akan sangat fatal.

Solusi terkini yang mulai dicari oleh orang tua adalah memberikan jam tangan yang memiliki GPS (global positioning system) kepada anak. Dengan memakai GPS maka orang tua bisa mendeteksi lokasi anak, kapanpun dan dimanapun, sehingga meskipun jauh dari anak orang tua tetap bisa memantau keamanan anak.

GPS yang digunakan oleh anak-anak ini kebanyakan berupa jam tangan pintar. Pada tahun 2019, di dunia diketahui lebih dari 20 juta anak-anak diberikan jam tangan pintar oleh orang tuanya. Kekhawatiran orang tua terhadap keselamatan anak-anak mereka telah membuka pasar khusus untuk jam tangan pintar khusus anak.

Munculnya pasar untuk jam tangan pintar anak-anak memunculkan imoo, sebuah perusahaan yang berfokus pada teknologi khusus anak. Merek imoo ini mulai merambah pasar Asia Tenggara. Secara global, merek imoo menguasai 9,2% pasar smartwatch dalam tiga bulan pertama tahun 2019, tertinggal di belakang Apple dan Samsung, menurut perusahaan riset pemasaran teknologi Counterpoint.

Menurut siaran resmi dari imoo, jam tangan pintar selain untuk GPS, memungkinkan anak melakukan panggilan kepada orang tua mereka, video call, dengan pengaturan parent control. Sistem melacak lokasi anak pun cukup canggih karena dibekali dengan fitur 8 type of locating system yaitu GPS, GLONASS, Global servers, base station, Wi-Fi, acceleration sensor, A-GPS positioning, dan camera assist sehingga orang tua bisa melacak keberadaan sang anak yang menggunakan imoo Watch Phone secara detail dan realtime.

Selain untuk GPS jam tangan pintar juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan bahkan video call untuk berkomunikasi dengan orang tua maupun orang-orang terdekatnya.

Watch Phone merupakan gadget khusus untuk anak-anak sedangkan smartphone adalah gadget untuk orang dewasa. Fitur yang membedakan Watch Phone dengan Smartphone yaitu tidak ada games dan fitur entertainment di dalamnya.

Bentuknya yang wearable juga sangat cocok untuk anak sehingga tidak membatasi geraknya tanpa harus membawa smartphone di genggaman. Dari segi fitur lainnya Watch Phone jauh lebih unggul dari Smartphone, misalnya produk baru imoo Watch Phone di segala tipe tahan air, sehingga aman digunakan anak ketika beraktifitas.

Dengan fitur class mode membuat anak tetap berkonsentrasi belajar tanpa gangguan notifikasi apapun karena jam tangan pintar ini hanya akan berfungsi sebagai jam biasa ketika class mode diaktifkan. Fitur-fitur ini jauh lebih unggul dari Smartphone yang ada di pasaran saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro