Menyusui/boldsky.com
Health

Tangkal Virus Corona, Ini Saran Bagi Ibu Menyusui

Yudi Supriyanto
Selasa, 3 Maret 2020 - 18:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menyatakan 2 orang di Depok, Jawa Barat terinfeksi virus corona baru atau Covid-19. Para ibu tidak perlu khawatir berlebih terhadap anak atau bayinya.

Dokter Tan Shot Yen mengungkapkan bayi dan anak bukan target virus corona atau Covid-19, sehingga masyarakat atau para ibu tidak perlu khawatir. Sebab, bayi tetap disusui oleh ibu seperti biasa. Air susu ibu (ASI) memiliki antibodi yang tidak ada di mana pun.

Maka, ibu yang menyusui harus mempertahankan gizi optimal agar kualitas ASI yang dimiliki juga optimal. "Di negeri yang mewabah saja data pasien anak dan bayi ada enggak?" katanya pada Selasa (3/3/2020).

Meskipun begitu, dia menuturkan anak bisa menjadi sarana transit atau penular yang tidak bergejala. Dia mengimbau masyarakat perlu membiasakan antisipasi penularan di level keluarga dan komunitas karena hal itu sangat penting.

Dalam mengantisipasi virus COVID-19 di lingkup rumah, masyarakat perlu membudayakan pola hidup bersih, pola makan sehat dan seimbang, dan tidur cukup.

Bagi lansia, ujarnya, perlu hidup aktif dan berjemur. Kemudian, masyarakat yang memiliki hewan peliharaan perlu memberikan vaksin terhadap hewan peliharaannya. Di lingkup komunitas, elemen-elemen seperti RT, RW, dan posyandu perlu melakukan sosialisasi pola hidup bersih sehat dan budaya hidup sehat.

Perangkat desa atau kepala lingkungan juga bisa memperkenalkan cara bersin dan memeriksa suhu badan. Dalam lingkup kerja atau sekolah, yang perlu dilakukan adalah normalitas baru, yakni kesadaran hidup bersih, makan sehat, dan  tidur cukup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro